Jalani Prosesi Balacuik Malapeh Bujang, Rizky Billar Menangis

Rizky Billar dan Lesti Kejora.
Sumber :
  • Instagram/@rizkybillar

VIVA – Rangkaian prosesi 'Cinta Abadi Leslar' belum usai. Setelah menjalani acara pengajian pada Sabtu siang, 14 Agustus 2021, malam harinya Rizky Billar melanjutkan prosesi adat Minang, Balacuik Malapeh Bujang.

Acara adat tersebut merupakan satu dari serangkaian prosesi sebelum Lesti Kejora dan Rizky Billar, melangsungkan akad nikah pada Kamis, 19 Agustus 2021 mendatang.

Balacuik Malapeh Bujang, merupakan prosesi adat Minang yang ditujukan untuk calon mempelai pria, yang menandakan dirinya telah dewasa dan orangtua siap melepas sang putra untuk menuju jenjang pernikahan.

Lengkap menggunakan pakaian adat Minang, Rizky Billar mantap melangkah menuju tempat Mandi Basuci agar dibersihkan secara lahir dan batin. Sementara sang calon istri, Lesti Kejora, hanya menonton melalui sebuah layar.

Prosesi Balacuik Malapeh Bujang, diawali dengan ibunda Rizky Billar, mengitarkan asap dupa setanggi pada putranya tersebut. Tujuannya, agar calon mempelai pria, seluruh tubuhnya harum mewangi.

Setelah itu, prosesi berlanjut dengan menaburkan beras kuning kepada Rizky Billar. Ini merupakan lambang doa restu untuk keselamatan dan kebahagiaan. Selanjutnya adalah memercikkan air 7 haruman kembang untuk menjaga kesehatan dan terhindar dari segala penyakit.

Belum selesai sampai di situ, acara adat dilanjutkan dengan menggunting rambut Rizky Billar, yang menandakan orangtua siap melepas tanggung jawab terhadap anak untuk hidup mandiri. Saat prosesi ini, Lesti yang fokus menonton lewat layar, turut memberikan komentar.

"Gunting rambut udah kaya kita baru lahir ya," celetuk Lesti, ditonton VIVA dari tayangan 'Cinta Abadi Leslar yang ditayangkan ANTV, Sabtu, 14 Agustus 2021.

Terakhir, prosesi Mandi Basuci diakhiri dengan pemberian nasihat atau doa, demi kelestarian dan kebahagiaan pernikahan yang kelak akan dijalani oleh calon mempelai. Usai menjalani serangkaian prosesi, Rizky melangkah menuju pelaminan dengan menginjak kain putih, yang artinya Billar siap berumah tangga dengan niat yang suci seputih kain yang dia lewati.

Setelah sampai di pelaminan, pemilik nama lengkap Muhammad Rizky Billar itu bersimpuh di kaki kedua orangtua untuk melakukan sungkeman dan meminta doa restu. Sambil terisak, Billar mencuci kaki sang ibu dan tidak lupa meminta maaf kepada sang ibunda.

Rizky Billar tak kuasa menahan tangis, saat memohon ampun pada sang ibu yang diakhiri dengan pelukan haru. Lesti pun bercerita kalau Rizky Billar merupakan sosok yang sangat sayang pada kedua orangtuanya.

"Dia sosok anak yang sayang sama orangtua, terutama ibu," kata Lesti Kejora yang ikut terharu.