Tersandung Narkoba, Ini 5 Kontroversi Coki Pardede yang Sempat Viral

Komika Coki Pardede
Sumber :
  • IG @cokipardede666

VIVA – Coki Pardede, komika Tanah Air, ditangkap polisi atas dugaan kasus penyalahgunaan narkoba pada Rabu, 1 September 2021 pukul 22.00 WIB. Menurut Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Yusri Yunus, Coki ditangkap oleh jajaran Polres Metro Tangerang Kota.

“Iya benar,” ujar Yusri saat diminta konfirmasi terkait penangkapan Coki Pardede, Kamis, 2 September 2021.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, ia ditangkap di Jalan Foresta Raya, Pagedangan, Tangerang, Banten. Hingga saat ini, polisi masih memeriksa intensif Coki. Karenanya, pihak kepolisian mengaku belum bisa berkata banyak.

Sebelum kasus dugaan penyalahgunaan narkoba ini, komika dengan nama asli Reza Pardede ini sudah beberapa kali menuai kontroversi dan menjadi buah bibir. Berikut ini VIVA merangkum 5 kontroversi yang pernah menyandung Coki Pardede.

1. Mengaku mengagumi pelaku pelecehan seksual

Belum lama ini, pada Juni 2021, Coki Pardede menjadi sorotan karena mengatakan bahwa ia tidak masalah dengan perilaku komika ternama asal Amerika Serikat, Bill Cosby, yang melakukan tindak pelecehan seksual.

Selain itu, pria berusia 33 tahun juga juga menyatakan kekagumannya kepada karya Harvey Weinstein, yakni seorang produser asal Amerika Serikat peraih Oscar yang menjadi predator seks karena telah melecehkan banyak perempuan.

Karena pernyataannya itu, ia menuai pro-kontra dari netizen. Meski sudah diserang netizen, Coki mengatakan ia tetap tidak akan mengubah pendapatnya itu.

2. Unggah foto anak kelaparan di Afrika

Coki Pardede sukses mencuri perhatian usai berpose di depan potret anak-anak kelaparan di Afrika. Di unggahan yang viral pada Desember 2020 lalu itu, ia tampak berpose seakan-akan sedang berbagi kepada anak-anak itu.

Yang membuat netizen geram, ia membuat mimik wajah tersenyum sambil memberikan jempolnya. Dianggap tidak memiliki perasaan, netizen pun memenuhi kolom komentar Instagram Coki dan menyebut bercandaannya tidak lucu.

3. Sebut angpao berisi virus Corona

Di tengah menyebarnya virus Corona di China pada awal tahun 2020, Coki Pardede dianggap tidak memiliki empati lantaran menyebutkan angpao berisi virus Corona. Sontak, cuitan tersebut langsung menuai kecaman netizen.

“Gong Xi Fa Cai !! Apakah di tiongkok pas angpao di buka isi nya Virus Corona ?” demikian bunyi cuitannya saat itu.

4. Membuat cuitan candaan di tengah banjir

Pada awal tahun 2020, Coki juga sempat membuat netizen geram usai melontarkan cuitan candaan yang dinilai tidak lucu di tengah banjir Jakarta. Dalam cuitannya itu, ia menyinggung soal maksiat dan azab.

“Buat yang semalem ga ‘maksiat’ tapi ikut kena dampak ‘azab’ banjir, nyesel kan anda? Kalo tau sama sama kena banjir juga, mending semalem mabok dan n**e. Kami Basah basahan tapi dalam keadaan senang. Anda kebasahan tetep sebel hahahahaha,” tulisnya.

5. Mencampur daging babi dengan kurma

Pada tahun 2018 silam, Coki Pardede bersama dengan Tretan Muslim dianggap telah menistakan Islam. Saat itu, keduanya mengunggah konten memasak daging babi yang dicampur dengan kurma sambil melontarkan candaan yang dinilai tidak pantas.

“Karena daging babi haram, kita akan campurin unsur-unsur Arab, kurma dan madu. Sangat Arab, sangat Timur Tengah sekali,” ujar Tretan Muslim dalam video tersebut.

“Jadi bagaimana ceritanya kalau sari-sari kurma masuk ke dalam pori-pori, apakah cacing pitanya akan mualaf? Kita tidak tahu dong. Dalam (daging babi) ini kan ada cacing pitanya,” tambah Coki Pardede.