Terkuak! Ini Alasan dr Richard Lee Minta Ganti Rugi Farel Aditya Rp40 Juta

dr Richard Lee dan TikTokers Farel Aditya
Sumber :
  • YouTube dr. Richard Lee, MARS

Jakarta – Dokter Richard Lee menganggap TikTokers Farel Aditya adik angkat saat mereka podcast bersama. Dokter kecantikan itu mengatakan bahwa dirinya tersentuh untuk membantu Farel untuk bisa hidup layak dan membantu bayar utang.

Namun, ketika dibantu biaya sekolah dan pindah ke sekolah yang bagus, Farel malah mengundurkan diri. Farel merasa tertekan dengan sekolah barunya dan jauh dari nenek. Padahal saat di podcast Farel menyanggupi tantangan dari dokter Richard Lee.

Rupanya dokter Richard tidak pernah memaksa Farel untuk sekolah di Palembang. Soal diminta uang ganti rugi Rp40 juta, begini tanggapan dokter Richard Lee.

Tak pernah paksa sekolah di Palembang

dr Richard Lee

Photo :
  • YouTube dr. Richard Lee, MARS

Dokter Richard akhirnya buka suara yang ditayangkan di kanal YouTubenya. Sebenarnya dokter Richard ingin membuat klarifikasi dengan Farel agar tidak terjadi fitnah. Tapi Farel menolak.

Sebenarnya saya pengen buat video ini berdua dengan Farel ya untuk menghindari fitnah tadi. Namun akhirnya Farel kabur padahal sebenarnya saya sudah belikan tiket tanggal 14 Agustus bersama staf saya untuk datang dan berpamitan dengan saya mungkin pulang ke Medan,” kata dokter Richard Lee dikutip dari kanal YouTubenya, Minggu, 13 Agustus 2023. 

Beliau menolak tiketnya semuanya hangus dan saya nggak tahu dia ada di mana sekarang beserta beberapa barang yang masih ada dengan dia,” imbuhnya.

Kata dokter Richard, ia tak pernah memaksa Farel sekolah di Palembang. Justru Farel sendiri yang semangat untuk bersekolah di tempat yang lebih mendukung dirinya sekolah jikalau ingin menjadi dokter.

Mungkin saya akan awali dari saya nggak pernah memaksa Farel untuk pindah ke Palembang atau bersekolah di SMA 1. Jadi pada waktu itu saya cuma ngomong ‘kamu serius mau jadi dokter’ saya bilang, sepertinya kalau kamu mau jadi dokter fasilitas yang kamu punya sekarang ini kurang memadai. Dia langsung bilang ‘oh iya Kak bener banget kayak aku setuju banget Kak’ aku bilang. Ya kalau kamu mau aku akan kasih fasilitas yang lebih baik, ‘aku mau banget Kak’ dia bilang,” jelas dokter Richard Lee.

Jadi aku nggak pernah ngebujuk dia, dia malah lebih semangat daripada aku ya. Aku seneng dong kalau misalnya ketemu anak yang semangat banget ya kita juga semangat kayak gitu, kita biayain semuanya. Jadi semua kepindahan dia sekolah, itu semua aku bayarin semua,” imbuhnya.

Lebih lanjut, dokter Richard mengatakan bahwa semua transportasi, menginap di hotel, biaya sekolah ia yang menanggung. Termasuk soal utang nenek Farel juga sudah dilunasi.

Soal uang ganti rugi Rp40 juta

TikToker Farel Aditya

Photo :
  • Tangkapan layar

Dokter 37 tahun kecewa akan konten-konten sedih Farel yang mengaku merasa tertekan. Padahal Farel sekolah di SMA 1 Palembang itu belum ada seminggu.

Soal gak sanggup dengan sekolahnya yang besar, tidak bisa bersaing, takut nilai jelek, dokter Richard tidak meminta hasilnya sempurna, yang terpenting adalah mau berusaha.

Dia juga cemas akan nilai karena perbedaan sekolah yang besar banget. Aku bilang ‘enggak ada masalah Farel kalau kamu nggak berprestasi nilai kamu juga nggak bagus, nggak ada masalah, kita bisa kejar dengan les, nggak berprestasi saya juga nggak ada masalah, yang penting kamu sudah berusaha itu sudah’ aku sampaikan kepada dia,” ujarnya.

Pada suatu ketika dia bilang dia mau berhenti sekolah itu mengejutkan aku banget sih karena sekolahnya itu belum sampai 1 minggu Kalau aku nggak salah bahwa masuk 3 atau 4 hari gitu ya bayangkan 3 atau 4 hari masih masa adaptasi banget dia bilang mau berhenti sekolah dan seketika semuanya sudah dibayarin,” imbuhnya.

Dokter Richard marah lantaran Farel mengundurkan diri padahal baru masuk sekolah 4 hari. Ia marah dan menegur Farel. Berbagai cara telah dilakukan dokter Richard supaya Farel mau kembali sekolah. Salah satu caranya yaitu menggertak Farel dengan ancaman pidana dang ganti rugi uang.

Tentu saja aku akan melakukan berbagai cara untuk dia ya tidak jadi berhenti sekolah salah satunya aku bilang ‘ya kalau kamu berhenti sekolah aku akan memberikan tindakan hukum untuk kamu’. Tetep dia mau berhenti sekolah, pokoknya walaupun aku di penjara aku mau ganti sekolah,” pungkasnya. 

Dan akhirnya aku bilang ya kalau kamu mau berhenti sekolah boleh, kamu ganti dulu uangku. Karena banyak uang yang sudah aku habiskan Rp47 juta,” lanjutnya. 

Ancaman itu supaya Farel mau melanjutkan sekolahnya lagi dan komitmen dengan apa yang telah diucapkan saat podcast bersama. Karena dokter Richard tahu bahwa Farel tidak punya uang sebanyak itu untuk ganti rugi.

Dokter spesialis kecantikan itu tak pernah mengharapkan uangnya kembali. Ia hanya berharap Farel bisa melanjutkan sekolahnya lagi untuk masa depan Farel sendiri.

“Maksud tujuanku adalah ya kalau misalnya kamu nggak bisa ganti ya udah belajar aja di situ,” ujarnya.