BTS jadi Grup K-Pop Pertama Raih Penghargaan Emas di Prancis

BTS.
Sumber :
  • Allkpop

VIVA – Grup asal Korea Selatan BTS kembali menorehkan prestasi membanggakan di dunia internasional. Album Map of the Soul: Persona berhasil mendapatkan sertifikasi emas di Prancis. Hal tersebut menjadikan mereka grup pop Korea pertama yang diberi sertifikat ini dalam sejarah dunia hiburan.

Menurut The National Syndicate of Phonographic Publishing, yang merupakan organisasi antar-profesional yang melindungi industri rekaman Prancis, BTS "Map of the Soul: Persona” telah memperoleh lisensi emas di Prancis, setelah mencapai 50.000 penjualan atau pembelian di negara itu .

Dilansir KpopStarz, sulit untuk mendapatkan sertifikat emas di Prancis, terutama BTS tidak memiliki label di Prancis. Itu artinya ARMY (sebutan untuk penggemar BTS) Prancis membeli album mereka di luar negeri, langsung dari Korea. Ini adalah pencapaian yang sangat baik untuk mendapatkan sertifikasi tersebut. 

Di sisi lain, "Map of the Soul: Persona” telah memperoleh berbagai sertifikasi yang berasal dari berbagai negara di seluruh dunia, termasuk Sertifikasi 3x Juta dari Korea, dan sertifikasi Emas juga datang dari Amerika Serikat, Jepang, dan Polandia. Selain itu BTS mendapatkan sertifikat perak dari Britania Raya atau Inggris.

Penggemar dan pendukung grup idola pria itu menyebarkan pesan ucapan selamat untuk BTS melalui media sosial, dan menjadikan tagar #PersonaENOr trending. ARMY juga berbicara tentang bagaimana album ini tidak memiliki promosi resmi, namun, mencapai dan mendobrak salah satu dari 5 pasar musik terbesar di dunia. Hal tersebut membawa kehormatan bagi Korea Selatan untuk melewati batas yang belum pernah dilakukan sebelumnya.

Selain itu, BTS adalah satu-satunya penyanyi Asia yang terdaftar di antara daftar orang-orang non-Prancis yang juga mendapatkan sertifikasi yang sama, bersama dengan Ariana Grande, Sting, Cardi B, Billie Eilish, Ed Sheeran, Raamstein, Shawn Mendez, dan The Greatest Showman. Ini membuktikan bahwa pengaruh BTS dan kualitas musik adalah bagian dari industri kelas dunia.

Selain pencapaian ini, Lembaga Reputasi Korporat Korea juga mengumumkan bahwa BTS telah menjadi top 1 lagi untuk peringkat nilai merek yang mengumpulkan lebih dari 12 juta poin, bersama dengan EXO sebagai top 2 dan ASTRO sebagai tempat ketiga.