Tulis Soundtrack Film Milea, Iqbaal Ramadhan Sebut Pakai Jampe-jampe

VIVA/Wahyu Firmansyah
Sumber :
  • reporter

VIVA – Ator yang juga pemusik, Iqbaal Ramadhan ternyata tidak hanya berperan sebagai Dilan, ia juga ikut terlibat dalam pembuatan soundtrack film Milea : Suara Dari Dilan, lagu yang berjudul Kita Pernah Ada itu telah dirilis sejak 13 Januari 2020.

Bagaimana proses pembuatan lagu ini, Iqbaal menggandeng vokalis dari grup musik Svmmerdose, Rinrin untuk membantunya membuat soundtrack film yang akan menjadi jawaban dari semua pertanyaan tentang Dilan.

"Iya aku sama vokalis band ku Rinrin, organik aja sih emang awalnya pengennya pokonya dikasih tau sama Ririn jadi yang udah nonton scene yang dimasukin lagunya Rinrin gua gak sempat nonton scene mana yang mau dimasukin gua dikasih tau sama Rinrin, udah kebayang vibesnya mau kaya gimana," kata Iqbaal saat mengunjungi kantor VIVA di kawasan Industri Pulo Gadung, Jakarta Timur.

Awalnya Iqbaal mencoba menjadi Dilan untuk menulis lagu itu, namun ternyata ia merasa lagu itu seakan dipaksakan untuk dibuat, personel CJR ini pun akhirnya mencoba untuk membuat lagu dengan gayanya sendiri.

"Akhirnya gua coba menulis yang lebih narutal dan organik lagi akhirnya keluar lah kita pernah ada, dan gua ngerasa emang khusus untuk soundtrack Dilan, gua harus ngerasa gua yang nulis sih, gua sempet ditawarin ditulisin sama orang lain trus gua ga mau, lagunya udah jadi juga lagi, karena bukan apa-apa ya gua ngerasa kalau lagu soundtrack Dilan yang nyanyi nya gua tapi yang nulis orang lain, kan penulisan orang beda- beda ya, secara notasi vokal dan penulisan akan jadi enggak-enggak iya (kurang gereget) buat gua gitu," katanya.

Dengan membuat lagu dan liriknya sendiri Iqbaal merasa pesan yang ingin disampaikan seperti harapan akan lebih terasa dalam film Milea ini.  

"Lagu Kita Pernah Ada juga liriknya simple gua pengin itu jadi lagu galau tapi tetap ada hopefull dan positif vibes gitu karena itu yang akan didapatkan di film ini, jadi itu yang pingin gua gambarin gitu," ucapnya.

Iqbaal mengaku meski menulis lirik sendiri bukan berarti tanpa kesulitan, ia sangat memikirkan bagaimana lagu ini bisa menjadi pas dan tepat digunakan sebagai soundtrack film.

"Lirik yang susah, lirik yang ‘Duduk Berdua Di atas Motor Mu’, itu hooknya kan gua sama Rinrin emang mau bikin itu kaya jampe-jampenya (mantra) gitu makanya kita ulang dua kali itu emang supaya kaya diputar di kepala. itu nulisnya cukup sulit pokoknya kaya kita lagi pengin dulu kita nulis apa ya di hook ini, karena hook ini harus sesuatu yang kaya highlights nya gitu loh," pungkasnya.

Film ‘Milea: Suara Dari Dilan’ dibintangi oleh Iqbaal Ramadhan, Vanesha Prescilla, Debo Andryos, Omara N. Esteghlal, Adhisty Zahra, Gusti Rayhan, Yuriko Angeline, Zulfa Maharani, Andovy Da Lopez, Bucek Depp, Ira WIbowo, Happy Salma, dan Refall Hadi. Film ini akan tayang serentak di seluruh bioskop di Indonesia pada 13 Februari 2020.