Lagu Hits Kekeyi Dianggap Jiplak 'Aku Bukan Boneka' Rinni Wulandari

Kekeyi dan Rinni Wulandari
Sumber :
  • YouTube/Kekeyi, Instagram/rinni_w

VIVA – Lagu Kekeyi yang berjudul Keke Bukan Boneka memang langsung bertengger di jajaran trending nomor satu YouTube Indonesia sejak dirilis pada 29 Mei 2020. Hingga berita ini dibuat video tersebut sudah ditonton lebih dari 5 juta kali oleh pengguna YouTube.

Namun lagu tersebut menuai kritik dan sejumlah pihak karena dianggap memiliki kemiripan dengan lagu Aku Bukan Boneka yang dinyanyikan jebolan Indonesian Idol, Rinni Wulandari. Pencipta lagu tersebut, M. Novi Umar, angkat bicara.

Lewat video yang ia unggah ke akun YouTube-nya, Novi Umar menyayangkan ada bagian kecil dari Keke Bukan Boneka dengan lagu hasil karyanya yang dirilis pada 2007 itu. Dalam lagu aslinya, ia menulis, "Aku bukan boneka, boneka, boneka." Dengan lirik dan irama serupa, Kekeyi menyanyikan, "Keke bukan boneka, boneka, boneka."

"Part ini jadi salah satu part yang jadi semacam racunnya di lagu Aku Bukan Boneka. Hook-nya salah satunya di part ini. Menurut saya itu, sama saja dengan mungkin mengambil hak saya tanpa izin saya. Saya akan lebih respect jika sebelumnya berkomunikasi dengan saya pribadi atau Sony Music sebagai label tempat saya bernaung," kata Novri menyayangkan hal tersebut.

Ia juga menegaskan, tidak ingin menyerang pribadi Kekeyi yang tampil membawakan lagu tersebut. Protes ini ia sampaikan untuk jadi pembelajaran bagi semua orang untuk menghargai karya cipta orang lain. 

"Saya mungkin akan memaklumi si penyanyi ini, karena penyanyi ini bukan yang sudah memiliki album, single sekian banyak sebelumnya. Jadi mungkin dia tidak paham tentang hak cipta, kekayaan intelektual seseorang, dan sebagainya. Tapi yang saya sayangkan adalah saya yakin si penyanyi ini memiliki manajemen atau label tempat dia merilis single ini pasti sangat paham sekali akan hal itu," katanya.

Lewat Instagram, Novi mengatakan, sudah membawa masalah ini kepada Sony Music sebagai label yang memayunginya. Kekeyi sendiri belum bicara soal masalah ini.