Pencipta 'Aku Bukan Boneka', Kaget Video Kekeyi Diklaim

Kekeyi
Sumber :
  • Instagram @rahmawatikekeyiputricantika23

VIVA – Novi Umar, pencipta lagu Aku Bukan Boneka yang dibawakan Rini Idol sejak 2007 kaget soal klaim hak cipta terkait lagu Kekeyi. Ia baru tahu pada malam hari dan melihat instagram Kevin Aprilio tentang lagu Keke Bukan Boneka setelah itu.

"Saya juga kaget ini di-takedown. Kemudia tadi pagi ada capture-an Kevin, Kekeyi bilang dia nggak hapus. Setahu saya YouTube juga punya aturan yang ketat," kata Novi Umar saat dihubungi melalui telepon, Jumat, 5 Juni 2020.

Menurut Umar, sejak awal Sony Music Indonesia menawarinya pilihan. Umar saat itu menjawab ingin menyelesaikan secara kekeluargaan terkait permasalahan ini. Meski begitu, Umar menyerahkan urusan tersebut kepada pihak label.

"Kalau dari saya, sampai detik ini saya maunya bicara baik-baik. Saya nggak masalah. Saya dari awal sudah serahkan ke pihak Sony," katanya.

Sebelumnya, dalam sebuah video, Umar pernah berkata, ada bagian lagu Kekeyi yang mirip dengan lagu ciptannya. Sejak awal, ia juga berkata ingin menyelesaikan secara kekeluargaan karena Umar yakin Kekeyi belum begitu paham dengan segala aturan karena sebagai pendatang baru dalam industri musik.

"Part ini jadi salah satu part yang jadi semacam racunnya di lagu Aku Bukan Boneka. Hook-nya salah satunya di part ini. Menurut saya itu, sama saja dengan mungkin mengambil hak saya tanpa izin saya. Saya akan lebih respect jika sebelumnya berkomunikasi dengan saya pribadi atau Sony Music sebagai label tempat saya bernaung," kata Umar saat itu.

Video Kekeyi telah ditonton lebih dari 18 juta kali. Vidoe itu sempat jadi nomor satu alias yang paling trending dalam Youtube. Setelah video itu menghilang, warganet menyerang kolom komentar akun instagram Sony Music selaku label dan Rinni Wulandari sebagai penyanyi.

Baca juga: Klaim Hak Cipta Lagu Kekeyi, Instagram Sony Music Diserbu Warganet

Rini telah mengatakan, dirinya tidak lagi berada di bawah naungan Sony Music. Maka untuk mengklaim video Kekeyi tersebut bukan wewenang Rini.

"Terkait dengan di take down-nya lagu Keke Bukan Boneka adalah di luar wewenang aku. Semua adalah keputusan label @sonymusicid @novi umar81 selaku pemilik hak cipta dari Aku Bukan Boneka, yang dimana Sony Music sekarang bukan lagi label aku," tulis Rini.