BTS Diberikan Paspor Diplomatik, Ini Keuntungan yang Didapat

BTS
Sumber :
  • U-Report

VIVA –  Idol Korea Selatan Bangtan Sonyeondan atau BTS, Selasa 14 September kemarin diketahui bertemu dengan presiden Korea Selatan, Moon Jae In di Blue House. Pertemuan BTS dengan Moon Jae In untuk upacara pemberian sertifikat.

Hal ini menyusul dengan keputusan Moon Jae In pada Juli lalu yang mengumumkan BTS sebagai Special Presidential Envoys for Future Generation and Culture.

Dalam sejumlah foto, para member BTS tidak hanya mendapatkan surat penunjukkan yang dicap oleh presiden dan dikeluarkan dengan nama asli member para BTS saja. Pada acara itu juga, ketujuh member BTS, RM, Jin, Suga, J-Hope, Jimin, V dan Taehyung juga menerima paspor diplomatik dari pemerintah Korea Selatan.

Paspor diplomatik, yang diberikan pemerintah Korea Selatan kepada BTS ini adalah sesuatu hal yang sangat langka bagi para selebriti. Hanya orang-orang dengan pengaruh tinggi, pengakuan atau kekuasaan yang bisa mendapatkan paspor diplomatik ini, seperti dikutip dari laman Koreaboo.

Apa itu Paspor Diplomatik  

Lantas apa itu paspor diplomatik yang diberikan oleh pemerintah Korea Selatan kepada member BTS? Paspor diplomatik dikeluarkan hanya untuk individu tertentu yang ingin bepergian ke luar negeri untuk urusan resmi pemerintah. 

Dikeluarkan untuk diplomat hingga individu yang dipekerjakan pemerintah 

Menurut definisi, paspor diplomatik ini paling sering dikeluarkan untuk diplomat dan pekerja konsul yang ditempatkan di luar negeri, serta individu yang dipekerjakan oleh pemerintah yurisdiksi tertentu.

Individu yang  memenuhi syarat untuk mengajukan paspor diplomatik dapat mengajukan permohonan yang sama. Namun, mereka harus menunjukkan dokumen hukum yang menunjukkan bagaimana mereka berafiliasi dengan pemerintah atau negara bagian.

Pengajuan paspor diplomatik 

Individu yang mengajukan paspor diplomatik diharuskan untuk mengajukan permohonan ke badan pengatur khusus yang mengatur penerbitan paspor spesialis.

Jika seseorang memenuhi syarat dan berhasil memperoleh paspor diplomatik, maka keluarga dekatnya juga dapat mengajukan paspor diplomatik yang memungkinkan diplomat untuk bepergian secara bebas bersama keluarganya ke seluruh dunia.

Disarankan untuk mencari bantuan dari perusahaan konsultan profesional, jika Anda mencoba untuk mendapatkan paspor kedua karena mereka akan dapat memastikan bahwa mereka menyelesaikan proses dengan sukses dan tepat waktu, sambil mematuhi peraturan yurisdiksi.

BTS bisa bepergian tanpa visa ke ratusan negara

Mengutip Travel Freedom, paspor diplomatik Korea Selatan memungkinkan pemegangnya, termasuk BTS, bepergian ke199 negara/wilayah tanpa visa.

Kekuatan paspor diplomatik BTS 

Paspor tersebut menempati peringkat ke-3 dunia. Visa umumnya diperlukan pemegang paspor diplomatik Korea Selatan hanya untuk pergi ke negara-negara seperti Ghana, Sudan, Libya, Yaman. Afghanistan, Bhutan, Kuba, dan Nigeria.

Keuntungan memiliki paspor diplomatik 

Keuntungan memiliki paspor diplomatik yang paling umum adalah saat bepergian, pemegang paspor diplomatik dapat menggunakan saluran diplomatik bandara dan tidak akan dikenakan penundaan waktu dan pemeriksaan pelanggan.

Dapatkan paspor diplomatik BTS akan hadiri konferensi internasional besar

Sebagai utusan khusus, BTS akan menghadiri konferensi Internasional besar seperti Majelis Umum PBB ke-76 yang akan diadakan di New York pada 21 September untuk menyampaikan pesan penghiburan dan harapan kepada kaum muda di seluruh dunia.

Selain itu, BTS juga merencanakan untuk mempromosikan berbagai kegiatan termasuk kerjasama internasional untuk memecahkan masalah global seperti lingkungan, kemiskinan, perbaikan ketimpangan, dan penghormatan terhadap keragaman.