Indiana Jones and the Last Crusade, Obsesi Mencari Holy Grail

Indiana Jones and The Last Crusade.
Sumber :
  • IMDb

VIVA – Indiana Jones and the Last Crusade memang telah dirilis pada 1989. Namun, film action-adventure Amerika Serikat yang dibintangi oleh Harrison Ford itu masih digemari hingga saat ini. Film besutan sutradara kondang Steven Spielberg berdasarkan cerita yang ditulis oleh produser eksekutif George Lucas ini merupakan film Indiana Jones ketiga.

Selain Ford, aktor lain yang juga berperan di film ini adalah Sean Connery yang menjadi ayah Jones. Bintang lainnya termasuk  Alison Doody, Denholm Elliott, Julian Glover, River Phoenix dan John Rhys-Davies. Film tersebut juga berlatar tahun 1938, di mana Jones dikisahkan mencari sang ayah yang diculik oleh tentara Nazi.

Film dimulai pada 1912 ketika Indiana Jones Junior berusia tiga belas tahun. Ia sedang menunggang kuda dengan pasukan Pramuka di Taman Nasional Arches di Utah. Saat memeriksa gua-gua, Indy menemukan sekelompok perampok makam yang telah menemukan salib emas milik Coronado dan mengambilnya dari mereka, berharap dapat menyumbangkannya ke museum.

Orang-orang mengejar melalui kereta sirkus yang lewat, meninggalkan Indy dengan luka berdarah di dagunya. Ia melarikan diri, tetapi sherif setempat membuatnya mengembalikan salib itu kepada perampok, yang segera menyerahkannya kepada dermawan misterius yang mengenakan topi Panama.

Terkesan dengan keberanian Indy, pemimpin komplotan memberi fedoranya untuk Jones dan mengingatkannya agar tidak pernah menyerah.

Tahun 1938, Indy bertempur dengan pria dengan topi Panama dan kaki tangannya di sebuah kapal di lepas pantai Portugal, dan melarikan diri ke laut tepat sebelum kapal meledak. Ia mengambil salib tersebut dan menyumbangkannya ke museum Marcus Brody.

Kemudian, Indy diperkenalkan kepada Walter Donovan, yang memberitahunya bahwa ayahnya, Henry Jones Senior, telah menghilang ketika mencari Holy Grail, menggunakan tulisan yang tidak lengkap dari sebuah batu sebagai panduannya.

Indy menerima buku harian ayahnya melalui surat dari Venesia, Italia, dan menuju ke sana bersama Marcus, di mana mereka bertemu dengan kolega Henry di Austria, Dr. Elsa Schneider.

Di bawah perpustakaan tempat Henry terakhir kali dilihat, Indy dan Elsa menemukan versi lengkap tulisan yang digunakan ayahnya sebagai panduan mencari Holy Grail di makam bawah tanah, yang setengah banjir dan menampung makam ksatria Perang Salib Pertama. Mampukah Indiana Jones menemukan sang ayah?