Sinopsis Transformers: The Last Knight, Saat Robot Purba Bermunculan

Tranformers: The Last Knight
Sumber :
  • IMDb

VIVA – Film Transformers: The Last Knight pertama kali tayang di bioskop pada 2017. Film ini merupakan lanjutan dari Transformers: Age of Extinction, namun menuai kritik sebagai film Transformers terburuk dari segi durasi, cerita, penyutradaraan, naskah, beberapa karakter yang kurang mendapat perhatian, dan lainnya. Meski begitu, film ini tetap ditonton oleh banyak orang, terlihat dari pendapatan yang mereka hasilkan.

Transformers: The Last Knight bercerita pada 484 Masehi, Raja Arthur dan para ksatrianya kalah dalam pertempuran melawan Saxon. Di tempat lain, Merlin mendekati Knights of Iacon, sekelompok Transformers yang bersembunyi di Bumi, untuk membantu memenangkan perang. Mereka memberinya staf alien, sebelum berubah bersama menjadi Dragonstorm dan mengubah gelombang pertempuran, tetapi memperingatkan Merlin bahwa kejahatan besar akan datang untuk staf.

Melompat ke masa sekarang, lima tahun setelah Pemberontakan Hong Kong, Optimus akhirnya tiba di Cybertron, dan bertemu dengan penciptanya yang bernama Quintessa. Dia, yang awalnya mengirim Lockdown untuk membawanya, menyalahkan Optimus atas kehancuran Cybertron. Optimus dicuci otaknya, dan diberikan nama baru Nemesis Prime. Setelah itu, Quintesa memerintahkannya untuk melakukan perjalanan ke Bumi untuk membantunya mendapatkan staf Merlin, yang dapat menyerap energi Bumi untuk memulihkan Cybertron. Bumi akan dijadikan Unicron, musuh kuno Cybertron.

Di Bumi, Transformers tetap tidak disukai di antara umat manusia. Di Kuba, mereka diburu oleh Pasukan Reaksi Transformers (TRF).  Namun, militer AS, khususnya mereka yang sebelumnya bekerja dengan Transformers, seperti Kolonel William Lennox, diam-diam menentang kebijakan baru tersebut. Cade Yeager, sekutu Autobots, membantu menyembunyikan Transformers dari TRF di tempat pembuangan barang rongsokan yang terpencil. Di Chicago yang dilanda perang, Cade, Bumblebee, pemulung muda Izabella dan teman-teman Transformernya, Sqweeks dan Canopy, membantu sekelompok tiga bocah lelaki menghindari drone TRF, tetapi Canopy terbunuh oleh jet tempur ketika TRF menganggapnya sebagai Decepticon.

Cade menerima jimat mekanik dari ksatria Autobot yang sekarat dan mengalami perselisihan singkat dengan TRF dan pemimpin mereka, Santos, sebelum diselamatkan oleh Bumblebee, Lennox, dan Hound. Cade kembali ke tempat barang rongsokannya dengan Izabella dan Sqweeks dengan jimat tersebut. Baik Megatron dan pemerintah AS menjadi sadar akan nilai dan kekuatan jimat, dengan terpaksa mereka bergabung untuk mendapatkannya. Sekelompok tahanan Decepticon dibebaskan untuk membantu misi tersebut.

Decepticons dan TRF menemukan tempat persembunyian Cade dengan bantuan pelacak yang sebelumnya ditanam di Bumblebee. Grimlock dan Dinobots menyergap konvoi TRF. Cade, asistennya Jimmy, Izabella, dan Sqweeks melarikan diri dari Decepticons dan TRF ke kota yang ditinggalkan. Autobots menyergap musuh-musuh mereka dan mengalahkan mereka sementara Cade, Jimmy, dan Izabella bertempur dengan satu unit drone TRF.

Cogman, Kepala Sekolah Transformer steampunk, muncul dan mengundang Cade ke Inggris untuk bertemu dengan majikannya, Sir Edmund Burton, yang memiliki koneksi ke Transformers. Burton juga memiliki rekan Transformer lain bernama Hot Rod yang dia perintahkan untuk menemukan Viviane Wembly, seorang profesor Universitas Oxford.

Burton menjelaskan bahwa Transformers telah membantu umat manusia dalam perang selama berabad-abad, keberadaan mereka disembunyikan oleh masyarakat rahasia dari tokoh-tokoh sejarah terkenal, yang diberi nama Orde Witwiccans. Burton adalah anggota terakhir yang masih hidup. Diketahui jimat tadi hanya bisa digunakan oleh keturunan langsung Merlin. Viviane terungkap sebagai yang terakhir dari garis keturunan Merlin. TRF dan pihak berwenang setempat menemukan mereka, memaksa mereka melarikan diri.

Cerita pun bergulir lebih jauh. Kali ini para Transformers purba juga akan bermunculan. Mereka disebut Dinobot karena bentuknya yang menyerupai dinosaurus. Film ini dibintangi oleh Mark Wahlberg, Stanley Tucci, Josh Dahumel, John Turturro, Anthony Hopkins dan banyak lainnya.