Erwin Aksa

politikus
Makassar, 7 Desember 19753
s/d
Sekarang

Lahir dari keluarga pengusaha, Erwin Aksa menjadi pengusaha nasional mengikuti jejak sang ayah bersama Bosowa Group.

Pria kelahiran Makassar, Sulawesi Selatan, tanggal 7 Desember 1975 ini merupakan anak dari pasangan Aksa Mahmud dan Ramlah. Ayahnya pendiri Bosowa Group sementara ibunya adalah adik dari Wakil Presiden Jusuf Kalla.

Erwin menyelesaikan sekolah dasar dan menengah pertama di kota kelahirannya. Sementara SMA-nya, ia selesaikan di SMA Negeri 5 Bandung pada 1993. Setelah itu, ia meneruskan kuliah di jurusan ekonomi University of Pittsburgh, Pennsylvania, Amerika Serikat.

Lulus kuliah pada 1997, Erwin kembali ke Makassar. Di tengah situasi krisis ekonomi, ia bergabung dengan perusahaan ayahnya. Berkat ilmu yang dipelajari dan bimbingan keluarga, ia mulai memimpin beberapa perusahaan di bawah bendera Bosowa Group.

Puncaknya, setelah puluhan tahun dikendalikan oleh ayahnya, pada 2006, Erwin ditunjuk menjadi direktur Utama Bosowa Group. Erwin pun tancap gas mengembangkang Bosowa. Kini ia menjabat sebagai Komisaris Utama Bosowa Group.

Bosowa Group sendiri telah memiliki 10 unit bisnis, yakni otomotif, semen, logistik dan transportasi, pertambangan, properti, jasa keuangan, infrastruktur, energi, media, dan multibisnis.

Selain di dunia bisnis, Erwin Aksa juga terjun ke dunia politik. Erwin Aksa bergabung dengan Partai Golkar. Tak hanya itu, ia juga bergabung di organisasi pengusaha, HIPMI dan Kadin (DN) (Photo/Antara)

Berita Terkait

Golkar Pertimbangan 3 Nama Maju di Pilkada DKI: Ridwan Kamil, Ahmed Zaki dan Erwin Aksa

Politik

7 April 2024

Presiden Soeharto 'Dihidupkan' Kembali, Ini Pesannya Untuk Indonesia

Nasional

11 Januari 2024

Heboh soal Asam Sulfat, Erwin Aksa: Gibran Sebenarnya Mengerti Asam Folat

Politik

5 Desember 2023

Soroti Kasus SYL, Erwin Aksa: Jangan Cari Pemimpin Petugas Partai

Politik

5 Desember 2023

Erwin Aksa Cabut Laporan Terhadap Rommy PPP

Politik

19 Juni 2023
Share :