Rudiantara

pengusaha
Bogor, 3 Mei 19593
s/d
Sekarang

Profesional di industri telekomunikasi, pria kelahiran Bogor ini dipercaya presiden menjadi Menteri Komunikasi dan Informatika.

Perjalanan karier Rudiantara bermula pada usia 25 tahun saat bergabung ke Indosat. Kariernya terbilang cepat di Indosat, dalam hitungan beberapa tahun dia menjadi General Manager Business Development di Indosat.

Setelah 10 tahun di Indonsat, ia pindah ke Telkomsel. Di Telkomsel juga ia sukses dengan menempati posisi direktur. Hampir semua industri telekomunikasi besar pernah dia sambangi. Selain Telkomsel, dia juga membenahi XL bahkan perusahaan plat merah Telkom ditangani juga. Tentu saja berbagai jabatan diraihnya karena profesionalismenya.

Karier cemerlang pria kelahiran Bogor, Jawa Barat, 3 Mei 1959 ini tidak hanya di dunia telekomuniasi, ia juga diminta untuk memperbaiki perusahaan BUMN lainnya. Dia sempat berkiprah  sebagai CEO Bukitasam Transpacific Railways, CEO Transpacific Railways Infrastructure, Wakil Direktur Semen Gresik, dan Wakil Direktur Utama PT PLN (Persero).

Meski demikian, karier Rudiantara memang lebih banyak di dunia industri telekomunikasi. Bahkan dia dibilang sebagai sosok senior dalam bidang telekomunikasi dan terbilang sukses dalam menangani persoalan industri telekomunikasi.

Setelah berkarier 28 tahun di telekomunikasi, pada posisi terakhir sebagai Komisaris di PT Indosat. Kariernya makin meroket setelah Presiden Joko Widodo memintanya untuk menjadi Menteri Komunikasi dan Informatika pada kabinet Kerja 2014-2019. Ruidantara salah satu menteri di kabinet Jokowi yang berasal dari kalangan profesional.
             
PENDIDIKAN
S1, Universitas Padjadjaran, Bandung, 1984
S2, IPPM, Jakarta, 1988

KARIER   
General Manager Business Development di Indosat, 1986
Direktur PT Telkomsel, 1995
COO PT Telekomindo Primabhakti, 1996
Komisaris Bank Pos, 1998
Wakil Direktur Utama PT. PLN, 2008
Direktur di PT XL Axiata Tbk, 2005
Komisaris di PT Telekomunikasi Indonesia Tbk
Sekeretaris Jendral dari Asosiasi Telepon Seluler Indonesia (ATSI)    Komisaris PT. Indosat, 2012
Presiden Komisaris PT Rukun Raharja, 2014
Menteri Komunikasi dan Informatika, 2014-2019



Berita Terkait

Budi Waseso Ditunjuk Jadi Komisaris Utama Semen Indonesia

Bisnis

1 Desember 2023

Mantan Menkominfo 'Turun Gunung'

Digilife

29 Oktober 2023

Kenalan Sama Robot Sophia yang Mempesona

Digilife

26 Oktober 2023

Chief RA Dukung Kejagung Usut Tuntas Korupsi Satelit

Digilife

16 Februari 2022

Eks Anak Buah Jokowi Diperiksa terkait Dugaan Korupsi Satelit Kemhan

Nasional

12 Februari 2022
Share :