Bakrie Amanah Serahkan 22 Sapi untuk Warga Kuningan dan Majalengka

Qurban untuk Negeri 2020 dari Bakrie Amanah.
Sumber :

VIVA – Dua perusahaan Bakrie yaitu PT Energi Mega Persada Tbk dan Bakrie Kalila Investment yang juga disponsori oleh keluarga besar Bakrie melalui Lembaga Amil Zakat Bakrie Amanah sukses menggelar tebar qurban di tengah pandemi Covid-19 di dua kabupaten di Jawa Barat yaitu Kabupaten Kuningan dan Majalengka.

Sebanyak 22 ekor sapi limosin telah dipotong dan didistribusikan kepada lebih dari 23 ribu penerima daging qurban di 5 kecamatan di dua kabupaten di atas. Perinciannya, Kabupaten Kuningan 12 sapi untuk 13.200 orang, dan Majalengka 10 sapi bagi 10.200 orang.

Penyembelihan dan pendistribusian di hari ke-2 sapi qurban  tersebut (2/8) dilaksanakan di Desa Kulur Kecamatan Majalengka Kabupaten Majalengka ditandai dengan penyerahan secara simbolik sapi qurban persembahan H. Indra Usmansjah Bakrie dengan berat kurang lebih 1 ton.

“Saya, Bupati Majalengka atas nama warga masyarakat menyampaikan ucapan terima kasih kepada keluarga besar Bakrie juga kepada perusahaan yang telah mensponsori kegiatan ini dan telah memilih Majalengka sebagai lokasi penyembelihan dan distribusi sapi qurban sebanyak 10 ekor,” kata Bupati Majalengka, H. Karna Sobahi dalam sambutannya.

Bupati Karna juga menyatakan pihaknya merasa bangga dan senang karena pemberian sapi qurban melalui Bakrie Amanah ini merupakan yang pertama kali di Majalengka, yaitu penyerahan qurban dalam jumlah banyak langsung di satu lokasi.

“Untuk jumlah sebanyak ini secara bersamaan, saya rasa baru kali ini laporan yang kami terima secara resmi tercatat datanya di Pemerintah Kabupaten Majalengka, ada juga yang qurban perorangan tetapi jumlah sapinya paling banyak hanya satu atau dua ekor saja,”ungkapnya.

Sehari sebelumnya, di Kabupaten Kuningan, tepatnya di Lapangan Bandorasa Kulon Kecamatan Cilimus, juga telah dilaksanakan acara yang sama dengan menyerahkan 12 ekor sapi limosin persembahan keluarga Bakrie dan dua perusahaan yang ikut mensponsori, yaitu PT Energi Mega Persada dan PT Bakrie Kalila Investment. 

Bupati Kabupaten Kuningan H. Acep Purnama yang menerima langsung penyerahan secara simbolis sapi qurban keluarga Besar Bakrie tersebut menyampaikan ucapan terima kasih atas nama seluruh warga masyarakat Kabupaten Kuningan sebagai penerima qurban.

“Alhamdulillah saya atas nama warga Kabupaten Kuningan menyampaikan ucapan terima kasih kepada Bapak H. Aburizal Bakrie, Hj. Roosmania Kusmulyono, Bapak H. Nirwan Dermawan Bakrie, Bapak H. Indra Usmansjah Bakrie dan seluruh keluarga besarnya yang tidak dapat saya sebutkan satu persatu,” kata H. Acep Purnama saat menerima penyerahan sapi tersebut, Sabtu (1/8/2020).

Bupati Acep menuturkan bahwa kehadiran kegiatan qurban Bakrie di tengah pandemi Covid-19 di Kabupaten Kuningan dirasakan sangat bermanfaat karena dapat memenuhi kebutuhan gizi warga Kuningan yang berada dan tersebar di tiga Kecamatan mencakup puluhan Desa.

“Jumlah penerima daging qurban dari program Qurban untuk negeri ini dapat mencapai belasan ribu penerima dengan sebaran di puluhan desa di delapan Kecamatan,” ungkapnya.

Sementara itu General Manager Bakrie Amanah, Setiadi Ihsan mengatakan bahwa gelaran tebar qurban di dua kabupaten di Jawa Barat ini merupakan rangkaian program Qurban Untuk Negeri yang secara rutin telah menjadi program tahunan Kelompok Bakrie. Selain di dua lokasi ini, masih menurut Ihsan, Bakrie Amanah juga menggelar acara serupa di sejumlah tempat di 10 provinsi di Indonesia.

Di luar itu Bakrie Amanah juga melakukan pengolahan daging qurban dalam bentuk pengalengan yang mempunyai manfaat dengan durasi lama, termasuk menjadi kebutuhan mendasar untuk di beberapa lokasi terdampak bencana. Bahkan tahun ini menjadi spesial karena Program Qurban Untuk Negeri bekerja sama dengan DT peduli dapat menyalurkan hewan qurban ke Palestina.

Dalam tebar Qurban di Kota Kuningan dan Majalengka, Ihsan menyampaikan apresiasi kepada pendiri Bakrie Amanah, Indra Usmansjah Bakrie, yang secara aktif telah mendorong terlaksananya program tebar qurban di lokasi-lokasi yang membutuhkan termasuk menghadirkan perusahaan-perusahaan terlibat dalam kegiatan Idul Qurban 1441 H. 

Selain penyaluran hewan qurban di ke-2 kota tersebut, juga  digelar acara santunan uang tunai dan sembako yang diberikan kepada lebih dari 600 anak yatim-dhuafa termasuk disabilitas dengan metode penyerahan secara simbolis sebagai wujud pelaksanaan protokol kesehatan Covid-19. 

Sebanyak 40 penyandang disabilitas di antaranya menjadi peserta qurban yang dipersembahkan oleh Keluarga Bakrie dan pihak perusahaan, yaitu PT Energi Mega Persada Tbk dan Bakrie Kalila Investment. Kontribusi terbesar untuk acara qurban tersebut adalah dari keluarga besar Bakrie, termasuk Hj. Roosmania Kusmulyono.  

“Alhamdulillah, kegiatan Qurban Untuk Negeri, telah berjalan dengan sukses. Secara keseluruhan tahun ini kelompok Bakrie telah menyalurkan hewan Qurban sebanyak 184 ekor sapi, 325 ekor domba dan kambing serta program pengalengan daging qurban dan pengiriman hewan qurban unta ke Palestina. Terima kasih kepada seluruh donatur mulai dari unsur karyawan, perusahaan dan keluarga yang telah menitipkan hewan qurban untuk didistribusikan melalui Bakrie Amanah,” pungkas Ihsan.