Ternyata, 44 Menjadi Nomor Keramat bagi Lewis Hamilton

Pembalap Tim Mercedes, Lewis Hamilton
Sumber :
  • Twitter/@LewisHamilton

VIVA – Beberapa hari lalu, juara dunia enam kali balap mobil Formula 1, Lewis Hamilton menghadiri acara penghargaan BBC Sports Personality of The Year. Pembalap Mercedes itu menceritakan asal usul nomor 44, yang selalu ia gunakan dalam ajang balap.

Dikutip dari laman resmi Formula 1, Rabu 18 Desember 2019, Hamilton diketahui sudah menggunakan nomor itu di F1 sejak 2014. Saat itu, FIA memperbolehkan para pembalap untuk memilih nomor mobil mereka sendiri.

Hamilton menyebutkan, setiap tahun adalah awal baru baginya. Tetapi, ia selalu memulai tahun dengan menggunakan nomor 44. Karena, nomor tersebut adalah nomor pertamanya saat memulai balapan ketika berusia delapan tahun.

"Saya selalu memulai dengan nomor 44, karena itu angka yang saya miliki di go-kart ketika berusia delapan tahun," ujarnya.

Hamilton juga menambahkan, jika angka itu adalah nomor registrasi dari mobil sang ayah. Dengan angka 44, Hamilton percaya jika setiap tahun ada kesempatan baru untuk menghadapi tantangan yang baru pula.

Secara keseluruhan, Hamilton memenangkan 62 kali Grand Prix dan lima kali juara dunia dengan menggunakan nomor 44 yang terpampang di mobilnya. Ia selalu menolak untuk menggunakan nomor 1, yang selalu dikaitkan dengan juara dunia.

Namun, untuk menghormati gelar juara dunianya yang keenam di akhir musim F1 yang digelar di Abu Dhabi, Mercedes mencetak angka 1 di mobil balap milik Hamilton pada sesi latihan bebas pertama.