Strategi Apik Tommy Sugiarto Berbuah Tiket 16 Besar China Open

Tunggal putra Indonesia, Tommy Sugiarto
Sumber :
  • PBSI

VIVA – Kemenangan dua game langsung atas Wong Wing Ki Vincent membawa Tommy Sugiarto ke babak kedua turnamen China Open 2019 BWF World Tour Super 1000. Tommy meraih tiket babak kedua setelah menang dengan skor 21-10 dan 21-15, Selasa 17 September 2019.

Berlaga di arena Olympic Sports Center Xincheng Gymnasium, Changzhou, penerapan strategi yang matang jadi kunci kemenangan Tommy dalam laga pertamanya kali ini. Permainannya ampuh menyulitkan pergerakan Wong Wing Ki Vincent.

Di game pertama, Tommy terus mengungguli Wong, hingga 16-9. Game kedua yang sempat ramai di awal pun akhirnya berhasil diamankan Tommy.

"Kalau dibilang nggak terlalu sulit sih enggak juga, mungkin karena saya bisa menerapkan strategi yang tepat, tidak memberi kesempatan kepada lawan untuk menyerang," ungkap Tommy dalam kutipan Badminton Indonesia.

Di babak kedua, tantangan berat sudah menunggu Tommy. Ia akan bertemu dengan Kento Momota, unggulan pertama dari Jepang, atau Lin Dan, maestro legendaris favorit tuan rumah.

"Sebagai pemain yang tidak diunggulkan, sudah di event Super 1000 ini memang bisa saja ketemu unggulan di awal. Siapa pun lawan saya besok, saya akan mencoba yang terbaik," ujar Tommy.

"Misalnya ketemu Momota, kan semua sudah tahu prestasinya banyak, apalagi sudah juara dunia. Yang penting besok saya bisa mengeluarkan semua kemampuan saya," tambahnya.

Tommy pun mengungkapkan bahwa hingga saat ini ia masih berkutat dengan cedera engkel kanan. Ia pun menyadari jika performanya di tahun ini tidak seperti yang ia harapkan.

"Di tahun ini grafik saya menurun, ada kendala yang saya hadapi seperti cedera. Sampai sekarang belum pulih seratus persen, karena rutinitas pertandingan begitu padat, jadi saya tidak bisa ambil rehat yang panjang untuk menyembuhkan cedera saya," tegas Tommy.