Dibungkam Ganda Thailand, Rinov/Pitha Gagal ke Final Korea Open

Ganda campuran Indonesia, Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari
Sumber :
  • Instagram/@badminton.ina

VIVA – Pupus sudah harapan Indonesia untuk mengirim wakil sektor ganda campuran ke partai puncak Korea Open 2019 BWF World Tour Super 500. Hal ini dipastikan usai duet Merah Putih, Rinov Rivaldy/ Pitha Haningtyas Mentari kandas di semifinal, Sabtu 28 September 2019.

Menghadapi duo Thailand unggulan empat, Dechapol Puavaranukroh/Sapsiree Taerattanachai, Rinov/Pitha mampu bikin pasangan rangking 3 dunia itu bekerja keras hingga tiga game sebelum berhasil melaju ke final. Rinov/Pitha takluk 22-20, 11-21 dan 18-21.

Butuh waktu satu jam durasi laga untuk Rinov/Pitha tak membiarkan Dechapol/Sapsiree dengan mudah melenggang ke partai puncak. Rinov/Pitha pun harus mengakhiri kiprahnya di hadapan publik arena Incheon Airport Skydome, Korea Selatan.

Meski gagal ke final, namun torehan Rinov/Pitha di ajang Korea Open kali ini merupakan salah satu yang paling mentereng dari capaian mereka pada turnamen dengan level Super 500 tersebut.

Sebelumnya, Rinov/Mentari hanya mampu menembus fase semifinal dan final pada turnamen dengan level Super 300 atau di bawahnya.

Pada kiprahnya di Korea Open 2019, Rinov/Mentari mampu mengalahkan lawan berat yang berperingkat dunia di atas mereka. Seperti duo tangguh asal China, He Ji Ting/Du Yue yang dikalahkan Rinov/Pitha di laga perempatfinal kemarin.