Legenda MotoGP Max Biaggi Puji Marquez Setinggi Langit

Pembalap Tim Repsol Honda, Marc Marquez
Sumber :
  • Instagram/@motogp

VIVA – Legenda MotoGP, Max Biaggi, mengakui kehebatan pembalap Repsol Honda, Marc Marquez. Biaggi menyebut tak ada pembalap lain yang mampu menandingi Marquez.

Marquez saat ini berada di puncak klasemen sementara MotoGP 2019. Hingga seri ke-14, pembalap asal Spanyol itu telah mengantongi 300 poin. Ia unggul 98 angka atas pesaing terdekatnya Andrea Dovizioso (Mission Winnow Ducati).

Pada MotoGP Aragon 2019, pekan lalu, Marquez menyabet kemenangan ke-78 dalam 200 penampilannya di ajang grand prix. 

"Sampai dia memutuskan pensiun dan melakukan hal lain. Saat ini, dia membalap dengan cara berbeda, tergantung situasi dan trek, dan dia tak terkalahkan. Alex Rins dan Andrea Dovizioso pernah mengalahkannya. Tapi, dalam 19 atau 20 seri, Marquez yang terkuat," kata Biaggi, dikutip Speedweek.

"Saya rasa Marquez telah melakukan hal istimewa. Dia memenangi 10 balapan beruntun pada 2014. Tak ada yang pernah melakukan hal seperti itu sebelumnya. Pertama datang ke MotoGP, dia seperti seorang veteran, dengan kematangan luar biasa. Saya tak melihat kemiripan dengan siapa pun," imbuhnya.

Baby Alien, julukan Marquez, berpeluang untuk menyegel gelar juara dunia pada balapan berikutnya di MotoGP Thailand, 6 Oktober 2019. Jika benar terjadi, Marquez bakal enam kali menyabet gelar juara dunia MotoGP.

MotoGP Thailand bakal menjadi saksi apakah Marquez dapat membuat rekor yakni juara sebanyak enam kali di usianya yang ke-26 tahun. Sejak promosi ke MotoGP pada 2013, hanya satu gelar yang lepas dari genggaman Marquez, yaitu pada 2015. Selebihnya, Marquez mampu menjadi juara. (one)