Marc Marquez Juara Dunia MotoGP 2019

Pembalap Repsol Honda, Marc Marquez
Sumber :
  • twitter.com/marcmarquez93

VIVA – Pembalap  tim Repsol Honda, Marc Marquez menjadi juara dunia MotoGP 2019. Itu setelah dia memenangkan balapan di MotoGP Thailand. Dalam balapan yang digelar di Sirkuit Internasional Buriram, Minggu 6 Oktober 2019, Marquez tampil tercepat usai menjalani pertarungan sengit dengan Fabio Quartararo.

Sejatinya, Quartararo yang memulai balapan dari posisi pertama sempat mendominasi sepanjang balapan. Sedangkan Marquez menguntit di posisi kedua. 

Marquez membukukan waktu tercepat di lap ke-11. Torehan tersebut membuat The Baby Alien berhasil memperpendek jarak dan kian dekat dengan Quartararo.

Pada tujuh lap tersisa, Marquez terus menempel Quartararo. Dia menunggu waktu yang tepat untuk melewati Quartararo di balapan kali ini. Pembalap asal Spanyol itu berhasil melewati Quartararo saat balapan tersisa empat lap. 

Namun posisi tersebut tidak bisa dipertahankan karena pembalap asal Spanyol itu melebar setelah melewati Quartararo. Balapan semakin sengit memasuki lap terakhir.

Di tikungan terakhir sempat terjadi persaingan ketat antara Marquez dengan Quartararo. Namun, ketenangan Marquez mengantarkannya finis terdepan, unggul 0,171 detik lebih cepat atas Quartararo.

Keberhasilan jadi juara MotoGP Thailand turut memastikan Marquez meraih gelar juara dunia kedelapan sepanjang karier. Sebanyak enam gelar terjadi di ajang MotoGP.

Hebatnya lagi,  sejak promosi ke MotoGP pada 2013, hanya satu gelar yang lepas dari genggaman Marquez, yaitu pada 2015. Selebihnya, Marquez mampu menjadi juara.