Rekor-rekor Gila Marquez Setelah Segel Juara Dunia MotoGP 2019

Pembalap Tim Repsol Honda, Marc Marquez
Sumber :
  • Instagram/@motogp

VIVA – Pembalap tim Repsol Honda, Marc Marquez keluar sebagai juara dunia MotoGP 2019 setelah menjadi yang tercepat di MotoGP Thailand yang dihelat pada Minggu 6 Oktober 2019. 

Tampil di Sirkuit Buriram, Marquez mengalahkan Fabio Quartararo yang sebenarnya memulai balapan di posisi pertama. Saling tempel terjadi antara Marquez dan Quartararo di sepanjang balapan. 

Hingga akhirnya di tikungan terakhir sempat terjadi persaingan ketat dan akhirnya pengalaman Marquez mengantarkannya naik podium pertama. Dia unggul 0,171 detik atas Quartararo.

Ini menjadi gelar kedelapan sang pembalap sepanjang kariernya, enam diantaranya di ajang MotoGP. Berikut lima fakta menarik lainnya, setelah Marquez menjadi juara MotoGP 2019, seperti dilansir berbagai sumber: 

  1. Dengan hasil ini, Marquez menjadi pembalap termuda yang berhasil menggaet enam gelar juara dunia MotoGP. Dia saat ini berumur 26 tahun.
  1. Sebelumnya dia menjuarai gelar juara dunia di tahun 2013, 2014, 2016, 2017 dan 2018. 
  1. Marquez mengalahkan rekor Valentino Rossi. Sebelumnya Rossi menyisahkan empat balapan sebelum menjadi juara dunia di tahun 2005 tapi musim masih berisikan 17 balapan. Sementara di tahun 2019, ada 19 seri. 
  1. Marquez menempati peringkat kelima dalam daftar pembalap pengoleksi gelar juara dunia terbanyak di ajang Grand Prix. Dia hanya kalah dari Mike Hailwooh (9), Valentino Rossi (9), Carlo Ubbaiali (9), Angel Nieto (13) dan Giacomo Agostini (15). 
  1. Baby Alien menyamai rekor milik Valentino Rossi di era MotoGP dengan enam gelar juara dunia. Kedua pembalap ini menjadi yang tersukses di ajang MotoGP.