Demi Tingkatkan Performa, Vinales Bakal Contek Gaya Balap Murid Rossi

Pembalap Tim Monster Yamaha, Maverick Vinales
Sumber :
  • Twitter/@mvkoficial12

VIVA – Pembalap Yamaha, Maverick Vinales, masih jauh dari kata puas melihat performanya di MotoGP musim ini. Untuk itu, pembalap asal Spanyol berencana mencontek gaya balap murid Valentino Rossi, yakni Fabio Quartararo.

Sudah tiga musim berjalan sejak Vinales bergabung dengan pabrikan berlambang garpu tala pada 2017. Namun, dia masih kesulitan untuk mengeluarkan kemampuan terbaiknya dan mengangkat prestasi Yamaha.

Kondisi ini berbanding terbalik dengan yang dirasakan Quartararo. Pada musim debutnya, dia dinilai mampu menyaingi dominasi Marc Marquez di masa depan.

Keyakinan itu muncul setelah melihat penampilan Quartararo pada beberapa seri di musim ini. Pembalap asal Prancis itu mampu bersaing ketat dengan Marquez di baris terdepan.

Padahal, dia hanya membela tim satelit Yamaha yang spesifikasi motornya di bawah pembalap pabrikan, dalam hal ini Vinales dan Rossi.

Menyadari kekurangannya, Vinales tak segan untuk mengambil keuntungan dengan meniru gaya balap sang junior. Dia rela melakukan demikian agar bisa menyelesaikan musim di posisi tiga besar.

"Dia (Quartararo) telah melakukan pekerjaan yang bagus. Dia mengerti motornya dengan baik dan membalap dengan kencang," kata pembalap berjuluk Top Gun, seperti dikutip Crash.

"Kami harus bisa mengerti bagaimana gaya balapnya karena akan membantu kami dalam meningkatkan kemampuan motor," jelasnya.

Vinales mengaku tak bisa menyelesaikan tugas ini sendirian. Dia membutuhkan tim yang solid seperti yang dimiliki oleh Quartararo.

"Mereka (Petronas Yamaha) sudah melakukan pekerjaan yang bagus. Saya pikir mereka membuat pengaturan motor lebih baik dari kami. Jadi, kami harus meniru hal positif dari apa yang mereka kerjakan untuk meningkatkan tim kami," ujar Vinales. (ren)