Area GBK Bakal Disulap Jadi Hutan Rindang

Press Conference Light of Nusantara
Sumber :
  • Ijul

VIVA – Hutan kota di kompleks Gelora Bung Karno, Jakarta, akan direvitalisasi oleh pihak swasta. Rencananya, bakal dibangun sebuah restoran mewah.

Restoran mewah yang akan dibangun oleh Plataran tersebut tidak sepenuhnya berbentuk seperti biasa. Plataran, selaku pemenang tender, bakal membuat restoran tersebut dengan konsep merindangkan area GBK.

Selain itu, akan dilakukan revitalisasi pada bangunan yang sudah ada serta menambah jumlah fasilitas. Plataran tidak hanya membangun restoran dan tempat MICE yang representatif.

Namun, Plataran bakal membuat tembok ekspresi, pets playgroud, Majapahit tribute park, Plataran Putri Dewi Amphitheater, Khatulistiwa Exhibition Deck, musala, jogging track, dan Basketball Half Caged Court.

Konsep hutan kota yang dibuat tim Plataran telah terbukti sukses dalam menciptakan berbagai outdoor-indoor venue. Dengan diisi berbagai tim independen di bidangnya, termasuk Hadiprana Design Consultant.

Mengusung tagline, 'Light of Nusantara' dan mengintregasikan konsep dasar dari alam, kebudayaan, dan kejayaan Indonesia, hutan kota ini diharapkan melengkapi fasilitas restoran dengan konsep outdoor-indoor bagi warga Jakarta maupun turis mancanegara.

Hutan kota ini juga diharapkan menjadi identitas baru bagi kota Jakarta. Terlebih, letak hutan kota ini berdekatan dengan pusat bisnis kota Jakarta dan dikelilingi gedung-gedung bertingkat.



Menurut rencana, hutan kota ini akan selesai proses revitalisasinya pada pekan ketiga Desember 2019. Diharapkan, hutan kota ini bisa dikatakan sebagai Central Park of Jakarta seperti Central Park of New York.

"Area hutan kota terdiri dari 4,5 hektare di mana seluas 1,3 hektare dikelola PPKGBK dan seluas 3,2 hektare dikelola Plataran Indonesia dengan nama Hutan Kota by Plataran," kata Chief Executive Officer (CEO) Plataran, Yosua Makes, dalam jumpa pers, Rabu 9 Oktober 2019.

"Tempat ini merupakan tempat yang luar biasa dan memiliki nilai historis. Selain itu, tempat ini sangat menarik dari sisi strategis. Tentu tempat ini akan menjadi tantangan bagi kami, karena kami telah sukses membangun sejumlah tempat di beberapa lokasi," ucapnya.