Gagal Total di MotoGP Jepang, Rossi Sudah Salah Sejak Awal

Pembalap Monster Yamaha, Valentino Rossi
Sumber :
  • MotoGP Pics

VIVA – Valentino Rossi gagal menyelesaikan balapan MotoGP Jepang 2019 di Sirkuit Twin Ring Motegi, Minggu 20 Oktober 2019. Pembalap Monster Energy Yamaha itu terjatuh saat balapan hanya menyisakan empat lap lagi.

Rossi memulai balapan dari peringkat ke-10. Namun, dia sempat turun ke posisi 14. Diakuinya, kondisi motor yang kurang oke membuat sulit memperbaiki posisi dan bersaing dengan rider-rider lain. 

Pada akhirnya dia memang tak bisa berbuat banyak dengan kondisi motor yang ada. Rossi mengakui kegagalan itu juga karena ia melakukan kesalahan sejak awal balapan. 

"Saya memulai balapan dengan buruk, tidak pada di tikungan pertama, tetapi saat saya berada di tengah. Saya kehilangan waktu. Kecepatan motor saya tidak cukup bagus untuk memperbaiki posisi lebih baik. Saya sempat naik beberapa peringkat, namun saya tidak cukup kuat," kata Rossi, dikutip Crash.

"Pada beberapa lap kecepatan saya tidak terlalu buruk, tetapi pembalap lainnya sangat cepat hingga sangat sulit untuk menyusul dari belakang. Dan pada akhirnya, saya belum melihat datanya, saya membuat kesalahan kecil di tikungan satu dengan menutup bagian depan hingga terjatuh. Bagaimanapun juga ini balapan yang cukup sulit," ungkapnya.

Hasil mengecewakan di MotoGP Jepang membuat posisi Rossi di papan klasemen tergusur ke posisi enam. Pembalap 40 tahun itu mengumpulkan 145 poin, tertinggal 18 poin dari Fabio Quartararo yang menjadi runner up di MotoGP Jepang 2019.

Namun kabar baiknya Rossi pun sudah siap menyambut MotoGP Australia 2019 yang akan berlangsung pada pekan depan.

"Phillip Island selalu indah dan sulit, salah satu trek terbaik. Sekarang kami akan melihat data dan mencoba untuk memahabi cara kami tampil baik di sana," ujar Rossi.