Adik Marc Marquez Resmi Jadi Pengganti Jorge Lorenzo di Honda

Marc Marquez dan Alex Marquez
Sumber :
  • twitter.com/MotoGP

VIVA – Siapa pengganti Jorge Lorenzo di tim Repsol Honda akhirnya terungkap. Seperti rumor yang berembus, adik Marc Marquez, Alex, resmi ditunjuk oleh pihak Honda untuk menjadi pengganti Lorenzo di MotoGP tahun 2020.

Memang, isu mengenai naik kelasnya Alex Marquez dari Moto2 ke MotoGP telah berkembang sejak pertengahan musim 2019. Meski sempat menyatakan komitmen untuk bertahan di Moto2, peluang Alex naik terbuka lebar setelah Lorenzo memutuskan pensiun.

Alex terpilih untuk mendampingi kakaknya setelah mengalahkan kandidat lain seperti Johann Zarco dan Cal Crutchlow, yang sempat digadang-gadang menemani Marc Marquez di Honda. Namun, dalam beberapa hari terakhir Honda memutuskan Alex Marquez untuk dipromosikan.

"Honda Racing Corporation (HRC) dengan senang hati mengumumkan kedatangan juara dunia dua kali, Alex Marquez. Pembalap muda asal Spanyol itu akan bergabung ke Tim Repsol Honda dengan kontrak selama satu tahun," tulis pernyataan resmi HRC, dikutip Crash, Selasa 19 November 2019.

"Dia akan naik dari kelas menengah (Moto2) untuk menjadi rekan setim juara dunia, Marc Marquez, pada 2020 pada musim debutnya di kelas utama bersama motor Honda RC213V," lanjut pernyataan resmi tersebut.

Alex Marquez sendiri sudah tidak asing lagi dengan motor Honda RC213V. Ia pernah menunggangi motor tersebut bersama sang kakak mengelilingi Sirkuit Ricardo Tormo, Valencia pada tahun 2014. Kini, pembalap berusia 23 tahun itu tengah bersiap mengikuti tes pascamusim MotoGP 2019 di sirkuit yang sama.