Kesuksesan Musi Banyuasin Gelar 2 Ajang Balap Internasional

Kesuksesan Musi Banyuasin Gelar 2 Ajang Balap Internasional
Sumber :
  • VIVAnews/Robbi Yanto

VIVA – Kabupaten Musi Banyuasin atau Muba, Sumatera Selatan, menjadi sorotan dunia, setelah sukses menggelar dua ajang balapan internasional, yaitu Asia Auto Muba Gymkhana, pekan lalu, dan Muba Internasional Supermoto Cup 2019 di Skyland International Circuit, Minggu 8 Desember 2019.

Bupati Muba, Dodi Reza Alex Noerdin mengungkapkan, bakal terus menggelar event balap internasional. Ajang selanjutnya sudah direncanakan di antaranya adalah One Prix pada 2020, yang akan disiarkan langung oleh tvOne.

“Ajang-ajang seperti ini semata-mata untuk meningkatkan pertumbuhan perekonomian di Muba, dan menggaungkan Muba sebagai sport tourism di tingkat internasional,” kata Dodi dalam rilis yang diterima VIVAnews.
 
Ia menambahkan, ajang skala internasional seperti Asia Gymkhana dan Supermoto akan tetap berlanjut digelar di sirkuit internasional Skyland Muba pada 2020 mendatang.

“Muba sudah sangat dipercaya menjadi tuan rumah pada dua event tersebut, dan tahun 2020 pelaksanaan dua event itu akan tetap berlanjut di sirkuit Skyland Muba,” ucapnya.

Sementara itu, Ketua Panitia Pusat Muba Internasional Supermoto Cup 2019, Siswanto Budi, mengatakan Sirkuit Skyland Internasional, Muba, sangat mendukung untuk menggelar  kejuaraan tingkat dunia karena memiliki standar internasional.

Apalagi, 18 pembalap dari 10 negara yang berpartisipasi memberikan respons yang baik dengan lintasan yang ada di sirkuit Skyland Internasional Muba tersebut.
 
“Kejuaraan Supermoto biasanya diselenggarakan di Asia seadanya dengan memanfaatkan jalan, parkiran stadion. Kebayakan sirkuit ada di Eropa, namun Muba dinggap serius mempersiapkan kejuaraan karena memiliki sirkuit permanen,” ujarnya.

Asia Auto Muba Gymkhana dan Muba Internasional Supermoto Cup 2019 dicetus oleh Dodi Reza melalui Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata.

Ajang tersebut diikuti puluhan pembalap dari 11 negara, di antaranya Indonesia, Malaysia, Philipina, Singapura, Taiwan, Australia. Event ini diharapkan berdampak pada pertumbuhan perekonomian di Muba.