Pegolf Muda Thailand Juara Indonesia Masters 2019

Pegolf Muda Thailand, Jazz Janewattananond
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Bintang muda Thailand Jazz Janewattananond mewarnai musim  gemilangnya dengan karier manis di Jakarta, ketika berhasil menyabet gelar kelimanya dan ketiganya di Asian Tour musim ini di BNI Indonesian Masters, Minggu 15 Desember 2019.

Pegolf berusia 24 tahun, yang baru saja menerima mahkota Asian Tour Order of 2019 pekan lalu, menutup putaran akhir dengan skor tujuh di-bawah-par (65) dan mengoleksi total pukulan 23-di bawah-par (265). Jazz unggul lima pukulan atas rekan senegaranya Gunn Charoenkul di Royale Jakarta Golf Club.

Dalam rilis yang diterima VIVA, dengan total 20 poin Official World Golf Ranking (OWGR) yang tersedia di  Indonesian Masters, yang merupakan turnamen unggulan di Asian Tour, Jazz tampaknya akan menembus Top-50 usai kemenangannya tersebut. Jazz juga akan mengamankan kesempatan bermainnya di Masters April tahun depan.

Memulai putaran akhir dengan keunggulan satu pukulan, Jazz membuat par lima kali berturut-turut sebelum membuat tiga birdie dengan skor 33 di sembilan hole pertama. Ia pun memimpin dengan keunggulan empat pukulan setelah membukukan eagle dalam dua hari berturut-turut di hole 12. 

Ia menyelesaikan lima hole terakhir dengan tiga birdie yang dikurangi satu bogey untuk menjadi pegolf kedua Thailand setelah Poom Saksansin yang memenangi turnamen berhadiah total US$750.000 (sekitar Rp10 miliar) yang merupakan leg ketiga Panasonic Swing 2019/20.

Jazz menjadi pegolf termuda yang berhasil meraih lima gelar juara di Asian Tour. Ia akan menjadi pegolf ketiga Thailand, setelah Thongchai Jaidee pada 2009 dan Kiradech Aphibarnrat di 2015, yang masuk Top 50 Dunia.

Jazz membawa pulang hadiah uang sebesar US$135.000 (sekitar Rp1,8 miliar) . Selain hadiah uang, ia juga berhak tampil di World Golf Championships – FedEx St. Jude Invitational 2020.

Gunn mencetak skor 69 untuk finis di tempat kedua, sedangkan pegolf Korea Taewoo Kim dan Australia Josh Younger berbagi tempat di posisi ketiga dengan 271. Kim and Young akan menembus top-60 di klasemen Merit , yang mengamankan kartu Tour-nya untuk musim depan.