Marc Marquez Bakal Lupakan Persaudaraan dengan Alex di MotoGP

Pembalap Repsol Honda untuk musim 2020, Marc Marquez dan Alex Marquez.
Sumber :
  • VIVAnews/Robbi Yanto

VIVA – Juara dunia MotoGP enam kali, Marc Marquez bakal melupakan persaudaraan dengan adiknya, Alex Marquez di MotoGP 2020.

Marquez dan Alex akan sama-sama tampil di MotoGP 2020, membela tim Repsol Honda. Marquez selama ini menjadi andalan, sejak kemunculannya di MotoGP pada 2013.

Di musim perdananya di kelas tertinggi, ia langsung tampil sebagai juara. Sejak saat itu, seakan tak ada pembalap yang bisa membendung langkah Marquez. Pembalap yang saat ini berusia 26 tahun itu menjadi pemenang pada 2013, 2014, 2016, 2017, 2018, dan 2019.

Hanya sekali gelar juara dunia lepas dari genggamannya, yaitu pada 2015. Kala itu, juara jatuh ke tangan Jorge Lorenzo.

Pada MotoGP 2020, rival Marquez bertambah. Alex menjadi ancaman, meski berada satu tim dengannya.

Meski musim ini menjadi debut Alex, pembalap 23 tahun itu tak bisa disepelekan. Dia sebelumnya merupakan juara dunia di kelas Moto 2 dan Moto3. Apalagi, sebagai adik, Alex tentu sedikit banyak tahu rahasia membalap Marc selama ini.

Di satu sisi, Marquez pun menyadari persaingan merengkuh titel juara dunia MotoGP 2020, bakal sengit. Selain tekanan sang adik, menurutnya, para rival berusaha mengembangkan motor yang lebih baik, ketimbang musim sebelumnya.

"Alex memang saudara saya, tetapi kami bersaing di balapan. Di lintasan, saya tidak akan memikirkan saudara dan akan berusaha yang terbaik untuk tim dan khususnya diri sendiri," kata Marquez di Jakarta.

"Saya berusaha untuk tampil sebaik mungkin. Saya akan lebih berusaha untuk berjuang dan meraih gelar, itulah target utama saya," tambahnya.

Marc dan Alex menjadi kakak-adik pertama dalam sejarah MotoGP, yang membela tim yang sama.

Duo Marquez juga menjadi keluarga pembalap tersukses, karena jika torehan gelar juaranya digabung, keduanya total telah meraih 10 titel juara dunia. Marc delapan, sedangkan Alex dua gelar. (asp)