Bencana Mahadahsyat Pernah Hancurkan Tempat Momota Berguru

Futaba High School, sekolah Kento Momota
Sumber :
  • VIVAnews/Muchamad Syuhada

VIVA – Futaba High School, dulunya bernama Tomioka High School. Merupakan salah satu sekolah yang mencetak atlet di Jepang.
Tentu saja lulusannya yang sekarang sedang mendunia adalah Kento Momota. Dia merupakan pebulutangkis nomor satu dari peringkat BWF.

Kebetulan VIVA, berkesempatan mengunjungi sekolah tempat Momota pernah menimba ilmu tersebut. Letaknya, di Prefektur Fukushima, Jepang.

Momota bergabung dengan sekolah tersebut sejak usia sekolah menengah pertama (SMP) hingga lulus sekolah menengah atas (SMA). Tapi ketika di sana, kondisi sekolah tidak seperti sekarang.

Sekolah tersebut harus berpindah lokasi dan kemudian berganti nama karena pada 2011 terkena bencana gempa, tsunami, dan radiasi nuklir.

Bahkan sekolah itu sempat tutup sebelum dibuka kembali lima tahun silam, dan akhirnya pindah ke lokasi baru pada 2019 kemarin.

Untuk sekarang, total ada 60 siswa yang mengambil jurusan bulutangkis dari SMP dan SMA. Dan yang membanggakan, sejauh ini sudah ada 23 orang dari mereka yang terpilih memperkuat Timnas Jepang, di berbagai level usia.

Wakil kepala sekolah Futaba High School, Nango Ippei menjelaskan, para peserta didik mereka diambil dari seantero Jepang ketika baru lulus sekolah dasar. Meski punya minat dan bakat menjadi atlet, namun ketika duduk di bangku SMP, mereka tidak langsung dicekoki materi bidang olahraga yang dipilih.

"Untuk siswa SMP, hanya 3 jam per hari, yakni di sore hari dan hanya latihan pagi hanya di hari libur. Selebihnya mereka bersekolah, mengikuti pelajaran umum," ujar Nango.

"Sementara untuk SMA, ada  jam per hari. Pagi dan sore," katanya.

Yang agak unik dari sekolah ini, bagi setiap calon atlet yang menimba ilmu diberikan kewajiban dan tanggung jawab sosial kepada masyarakat. Sesuai kurikulum, mereka diharuskan berkontribusi langsung kepada publik.

"Seperti mereka yang mengambil jurusan bulutangkis, harus mengajarkannya kepada anak-anak kecil atau lansia. Itu bagian kurikulum kami yang berbeda dengan sekolah lain," ungkap Nango lagi.

Dari pihak sekolah, guna menyemangati siswa, mereka selalu memberikan update ranking para alumni sekolah. Dan bila ada kesempatan, mereka juga akan diajak bertemu dengan sang kakak kelas untuk sekedar melakukan sparring atau berbagi ilmu.

Selain Momota, lulusan lain dari Futaba High School yang cukup terkenal adalah Yuta Watanabe.