Penyebab Dovizioso Belum Nyetel dengan Ban Baru

Pembalap Ducati, Andrea Dovizioso.
Sumber :
  • www.instagram.com/andreadovizioso

VIVA – Pembalap Ducati, Andrea Dovizioso, hanya mampu menduduki posisi ke-15 dalam tes pramusim MotoGP 2020 di Sirkuit Sepang, Malaysia. Dovi pun cuma sanggup mencatatkan waktu terbaiknya dengan torehan 1 menit 58,859 detik.

Akan tetapi, Dovi tak ambil pusing mengenai catatan waktu di tes pramusim. Runner up musim lalu itu mengatakan, kecepatan motornya belum bisa stabil karena masih adaptasi dengan ban baru untuk MotoGP 2020.

"Tidak mudah untuk adaptasi dengan ban baru. Meski pun secara keseluruhan ban itu sudah bagus, tapi ada perbedaan yang bisa mengubah gaya balap. Hal itu juga membuat saya sulit untuk mengatur manajemen ban," ucap Dovi seperti dilansir GP One, Senin 10 Februari 2020.

Lebih lanjut, Dovi menjelaskan, ban baru besutan Michelin itu sangat berbeda dengan musim lalu. Untuk memahami ban baru tersebut, Dovi perlu mencobanya di sirkuit selain Sepang agar bisa mengetahui performanya secara keseluruhan.

"Saya harus beradaptasi dengan perubahan, tapi di kasus ini hal itu tidak mudah. Sebab saat belok di kemiringan maksimal ban tidak pas dengan grip. Saat masuk belokan, ban belakang mendorong ban depan dengan cara yang berbeda dibandingkan tahun lalu," ujarnya. 

Anehnya meski dia kesulitan, Dovi mengatakan ban baru Michelin justru sempurna buat Yamaha dan Suzuki. Terbukti, para pembalap Yamaha dan Suzuki bisa melesat dengan baik selama tes pramusim. 

"Yamaha dan Suzuki berhasil meningkatkan kecepatan mereka karena ban membantu motor mereka lebih kencang saat berada di tengah tikungan. Tetapi, saya tidak mengerti kenapa saya belum dapat memahaminya," ujar pembalap asal Italia tersebut.