tvOne Siarkan Langsung Balap Motor Asia ARRC 2020 Mulai 7 Maret

Pembalap AHRT Irfan Ardiansyah di kualifikasi AP250 ARRC 2019 di Sirkuit Suzuka.
Sumber :
  • Astra Honda Racing Team (AHRT)

VIVA – ?tvOne menegaskan diri sebagai televisi berita dan olahraga nomor satu dengan kembali menghadirkan program baru bagi para pemirsanya, yakni Kejuaraan Balap Motor Asia (Asian Road Racing Championship/ARRC) 2020. 

tvOne yang tahun ini memasuki usia ke-12 akan memulai siaran langsung ARRC pada Sabtu-Minggu, 7-8 Maret 2020, jam 12.00-13.30 WIB dari Sirkuit Internasional Sepang, Malaysia. Kehadiran ARRC ini akan menjadi alternatif tontonan menarik bagi pencinta balap Indonesia.

"tvOne sangat ingin menyiarkan Asian Road Racing Championship/ARRC. Kami berharap ARRC akan ditonton oleh pemirsa TV, karena balap motor adalah acara favorit para penggemarnya di Indonesia," kata Direktur Program tvOne, Reva Deddy Utama dalam rilis tvOne. "Yang pasti, melalui tvOne, orang Indonesia akan dapat menonton pembalap favorit mereka di ARRC."

Ajang balap motor terbaik Asia ini kali pertama digelar pada 1996 sebagai bagian dari inisiatif Asia untuk mendorong pengembangan olahraga balap motor di benua ini. Kejuaraan ini menerima pengesahan Fédération Internationale de Motocyclisme (FIM, "International Motorcycling Federation") pada 1997. Hak komersial ARRC dimiliki Two Wheels Motor Racing (TWMR) dengan FIM Asia sebagai badan sanctions.

tvOne juga telah memiliki event balap motor nasional yakni One Prix di bawah manajemen PT Oneprix Motorsport Management (OMM). OMM mendapatkan hak siar ARRC guna meningkatkan antusias balap motor dan menciptakan kesempatan baru bagi talenta Indonesia. 

"Indonesia memiliki banyak bakat dan bersama TWMR, kami bertekad terus mengembangkan balap motor di wilayah ini, dan berharap dapat menciptakan peluang untuk menampilkan talenta Indonesia di ajang kompetisi Asia Road Racing Championship," ujar Direktur OMM, Imam Sulisto.

ARRC mempertandingkan empat kelas terbuka yakni ASB1000 (Asia Superbikes), SuperSports 600cc, Asia Production 250cc dan Underbone 150cc. Kelas Asian Superbikes baru dimulai pada 2019. ARRC 2020 digelar dalam 7 putaran, dari Malaysia sampai Thailand.

JADWAL ARRC 2020
Putaran 1: Sepang International Circuit, Malaysia, 7 & 8 Maret
2: The Bend Motorsport Park, Australia, 9 & 10 Mei 
3: Suzuka Circuit, Jepang, 27 & 28 Juni
4: Zhuhai International Circuit, China, 25 & 26 Juli 
5: Chang International Circuit,Thailand, 22 & 23 Agustus
6: Sepang International Circuit, Malaysia, 26 & 27 September
7: Chang International Circuit,Thailand 28 & 29 November