'Puasa' 15 Tahun, Pembalap Italia Jadi Juara Moto3 Lagi

Juara dunia Moto3 2019, Lorenzo Dalla Porta
Sumber :
  • Motorsportweek

VIVA – Ada yang menarik dari ajang balap Moto3, yang digelar berbarengan dengan semua seri MotoGP. Kelas Moto3 dulunya dikenal dengan sebutan MotoGP 125.

Karena adanya perubahan dalam hal jenis mesin sepeda motor, maka kuda besi yang tadinya mengusung mesin dua tak berkapasitas 125cc, kini menggunakan mesin empat tak berkapasitas 600cc.

Moto3 menjadi batu loncatan, bagi mereka yang ingin naik kelas menuju Moto2, sebelum akhirnya mereka menembus kelas tertinggi, yakni MotoGP.

Pada musim tahun ini, pembalap dari Italia, Lorenzo Dalla Porta berhasil menjadi juara umum di kelas Moto3. Meski masih tersisa satu seri balapan lagi, namun pemuda berusia 22 tahun itu sudah mengunci gelar saat ia memenangi balapan di Australia pada akhir pekan kemarin.

Tak hanya itu, kemenangan Lorenzo juga sangat berarti bagi rakyat Italia. Sebab, terakhir kali pembalap asal Negeri Pizza yang menjadi juara umum di kelas tersebut adalah Andrea Dovizioso, dan itu terjadi 15 tahun lalu.

Juara di Australia juga merupakan kemenangan ketiga bagi Lorenzo pada musim ini. Total prestasi yang dicatat adalah, tiga kali kemenangan dan 10 podium.

Hasil positif juga diraih oleh rekan setimnya, yaitu Marcos Ramirez, yang finis di posisi dua dengan selisih waktu sekitar 0,077 detik.

Kebanggaan juga dirasakan oleh KYT, produsen helm asal Indonesia. Sebab, mereka menjadi sponsor resmi helm untuk Lorenzo pada balapan 2019. Ini menjadi sejarah baru bagi KYT Helmet, produsen helm lokal yang produknya dipakai di kejuaraan berskala internasional.