Mampukah Marquez Pecahkan 3 Rekor di MotoGP Sepang 2019?

Pembalap Repsol Honda, Marc Marquez
Sumber :
  • twitter.com/marcmarquez93

VIVA – Balap MotoGP akan kembali digelar di Sirkuit Sepang, Malaysia pada akhir pekan ini, 1-3 November 2019. Seluruh tim saat ini sudah berada di lokasi, untuk mempersiapkan tunggangan maupun pembalap mereka.

Dilansir dari Crash, Kamis 31 Oktober 2019, meski gelar juara umum sudah dikunci oleh Marc Marquez untuk tahun ini, namun bukan berarti tidak bakal ada tontonan yang menarik. Persaingan untuk memperebutkan juara tiga masih terbuka.

Saat ini, peringkat tiga di klasemen ditempati oleh pembalap Suzuki Ecstar, Alex Rins dengan 183 poin. Namun, Maverick Vinales yang mengendarai Monster Energy Yamaha bisa saja mencuri posisi tersebut, karena saat ini ia sudah mengantongi 176 poin.

Apalagi, performa Vinales tahun ini sudah jauh lebih baik dari tahun sebelumnya. Saat balapan di Sirkuit Phillips Island, Australia beberapa waktu lalu, ia bersang ketat dengan Marquez untuk mencapai garis finis.

Selain itu, Marquez juga berkesempatan mengukir tiga rekor baru. Pertama, ia bisa mengungguli rekor Jorge Lorenzo, yang mengumpulkan 383 poin saat seri balap MotoGP di 2010. Saat ini, Marquez sudah mengantongi 375 poin, dan masih tersisa dua balapan lagi.

Rekor kedua yang bisa ia pecahkan, meski sangat sulit, yakni mengungguli Dani Pedrosa dalam hal catatan waktu terbaik di Sirkuit Sepang. Pada 2015, Pedrosa berhasil mengelilingi sirkuit dengan catatan waktu satu menit dan 59,053 detik.

Terakhir, Marquez bisa membuat tim Honda bahagia, apabila bisa memenangi balapan di akhir pekan ini. Pabrikan motor asal Jepang itu saat ini menjadi yang paling banyak memenangi balapan di Malaysia dalam kelas MotoGP, yakni lima kali.