Kena Penalti di GP AS, Vettel Tetap 'Pede'

Duo pembalap Tim Ferrari, Kimi Raikkonen (depan) dan Sebastian Vettel (belakang)
Sumber :
  • REUTERS
VIVA.co.id - Dua pembalap Tim Ferrari, Sebastian Vettel dan Kimi Raikkonen, dipastikan bakal start
jauh di belakang posisi terdepan di seri GP Amerika Serikat. Kedua pembalap terkena hukuman penalti, usai mengganti mesin mobilnya.

Dalam berita sebelumnya, posisi
start
Vettel dan Raikkonen akan diturunkan 10 peringkat ke bawah, yang berarti jadi kerugian besar bagi keduanya.



Posisi
start
kedua pembalap akan diketahui usai sesi kualifikasi GP AS di Circuit of the Americas, Austin, Texas. Adapun seri kualifikasi akan digelar Jumat malam, 23 Oktober WIB.


Penalti diberikan lantaran kedua pembalap sudah melakukan pergantian mesin sebanyak lima kali pada musim ini. Jumlah pergantian ini melebihi batas pergantian mesin bebas penalti yang hanya boleh dilakukan empat kali.


Meski demikian, Vettel rupanya tak begitu mempermasalahkan hukuman yang dijatuhkan padanya dan Raikkonen. Pembalap asal Jerman ini tetap optimis naik podium.


"Kami akan terkena hukuman penurunan 10 tempat untuk mesin baru di seri ini, tetapi ini selalu bagaian dari rencana. Ini bukan rahasia besar, bukan sebuah kejutan bagi kami," kata Vettel seperti dikutip
Autosports
.


"Saya pikir orang-orang di bagian mesin kami sudah melakukan pekerjaan yang besar. Jadi, ini tidak harus dipahami sebagai kerugian. Ini adalah sesuatu yang sangat positif," imbuhnya.


Vettel kini masih berada di posisi kedua klasemen pembalap, di bawah pembalap utama Tim Mercedes, Lewis Hamilton. Vettel mengumpulkan 236 poin, terpaut 66 poin dari Hamilton.


"Jelas kami harus mengambil kesempatan di sini. Kami harus punya hal positif yang bisa membuat kami membuat langkah besar, bukan hanya (melihat) hukuman," kata Vettel.