Hadapi Ranking 2 Dunia, Shesar Hiren Rhustavito Siap Nge-gas

Shesar Hiren Rhustavito
Sumber :
  • PBSI/badmintonindonesia.org

VIVA – Shesar Hiren Rhustavito akhirnya berhasil pecah telor rekor pertemuannya dengan NG Ka Long Angus. Shesar Hiren Rhustavito menang atas pemain asal Hong Kong tersebut di babak pertama Denmark Open 2019 dengan skor 21-15, 21-15 pada Rabu, 16 Oktober 2019.

Shesar sebelumnya belum pernah menaklukan NG Ka Long Angus, bahkan terakhir kalah telak. Mereka sudah pernah dua kali bertemu sebelumnya, yakni di New Zealand Open 2015 dengan skor 15-21, 18-21 dan China Open 2019 dengan skor 10-21, 10-21.

Shesar Hiren Rhustavito mengaku jika dia banyak belajar dari kesalahan sebelumnya. Pria yang juga akrab disapa Vito ini mengatakan tak mau lambat panas dan harus sesegera mungkin kontrol tempo di lapangan.

"Saya banyak belajar dari pertemuan terakhir dengan lawan. Waktu di China Open, tempo main saya sudah dipegang lawan. Di sini saya coba curi start dan pegang tempo di lapangan," kata Shesar Hiren Rhustavito kepada badmintonindonesia.org.

Shesar Hiren Rhustavito memang langsung 'ngegas' sejak awal permainan. Shesar tampil sangat tenang dan taktis. Terbukti, strateginya membuat Shesar mengunci lawan yang tak bisa mengembangkan permainannya.

Usai mengalahkan ranking 10 dunia, jalan Shesar masih terjal. Di babak kedua hari ini, Shesar Hiren Rhustavito harus berhadapan dengan Chou Tien Chen.

Tentu saja bukan lawan yang mudah. Secara ranking, Chou Tien Chen jauh di atas Shesar. Pemain Chinese Taipei itu merupakan unggulan kedua dunia dan dikenal sebagai pemain yang ulet serta ketahanan yang kuat.

Rekor pertemuan mereka adalah 2-0 untuk keunggulan Chou Tien Chen. Terakhir kali, CTC-lah yang menjegal langkah Shesar Hiren Rhustavito di babak perempat final Korea Open 2019 dengan skor 18-21, 9-21. Mereka juga pernah bertemu di Chinese Taipei Open 2019 dengan skor 25-23, 10-21, 13-21.

Akankah Shesar Hiren Rhustavito berhasil membalaskan lagi kekalahannya dari Chou Tien Chen seperti pada NG Ka Long Angus? Yang pasti, Shesar ingin tampil all out. Baginya, hasil itu nomor dua, yang utama adalah tampil maksimal.

"Saya harus lebih siap lagi (lawan Chou Tien Chen). Kalau bisa mengulangi permainan hari ini (lawan NG Ka Long Angus), atau bahkan lebih baik. Yang penting saya harus maksimal dan bisa keluarkan semua hasil latihan selama ini," seru Shesar.

Shesar Hiren Rhustavito memang belakangan menunjukkan progres yang meningkat sejak kembali bergabung dengan pelatnas tahun ini. Di awal 2019, Shesar menempati peringkat 57 dunia. Performanya terus menanjak hingga kini berada di ranking 26. Semoga saja, comeback Shesar makin cerah!