Dahsyat, Kevin/Marcus Hancurkan Juara Bertahan French Open

BWF World Tour.
Sumber :
  • BWF

VIVA – Pertarungan besar penuh dendam di sektor ganda putra BWF World Tour Super 750, French Open 2019 antara juara bertahan Han Chengkai/Zhou Haodong dengan Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon berakhir dramatis.

Dalam laga yang dilangsungkan di Stade Pierre de Coubertin, Paris, Prancis, Jumat malam 25 Oktober 2019, Kevin/Marcus menghancurkan Han/Zhou dalam dua game.

Pertarungan berlatarbelakang balas dendam ini berlangsung sengit sejak game pertama dimulai, The Minions langsung menggempur pertahanan duo China itu. Begitu juga sebaliknya, Han/Zhou juga tak terlihat gentar menghadapi penguasa ranking 1 dunia itu.

Juara bertahan French Open 2018 itu membuka laga dengan 1 poin. Tak lama Kevin/Marcus berhasil menyamakan poin 1-1. Reli poin berlangsung cukup cepat.

Sayangnya, setelah angka sama kuat 3-3, terlihat Kevin/Marcus sangat menurunkan tempat. Efeknya cukup fatal Han/Zhou berbalik unggul dan dalam sekejap mereka bisa melejitkan keunggulan 4-9. Malah saat jeda pertengahan game pemegang ranking 7 dunia itu masih bisa mempertahankan keunggulan 9-11

Setelah jeda, Han/Zhou kembali mendapatkan poin untuk memperlebar keunggulan tapi kali ini tak mudah. Malahan di menit 9 Kevin/Marcus mampu menyamakan kedudukaan 13-13.

Tapi, usai menyamakan angka Kevin/Marcus gagal membalikkan keadaan, malah Han/Zhou bisa unggul kembali 13-15. Memasuki waktu krusial Kevin/Marcus mulai meningkatkan serangan apalagi ketika tertinggal 15-18 dan secara mengejutkan mereka bisa kembali menyamakan poin 18-18 dan berbalik unggul 19-18 usai mendapatkan 4 poin beruntun.

Lagi-lagi, Kevin/Marcus gagal mempertahankan keunggulan, Han/Zhou berhasil berbalik unggul 19-20 dan membuka peluang untuk merebut kemenangan. Hanya saja, untuk mendapatkan 1 poin pamungkas bukan pekerjaan mudah. Alih-alih memburu 1 poin terakhir, Kevin/Marcus malah bisa menyamakan angka jadi 20-20.

Di detik-detik akhir Han/Zhou kembali mendapatkan kesempatan untuk memenangkan game setelah kembali unggul 20-21. Hanya saja, impian mereka merebut kemenangan lagi-lagi digagalkan. Bahkan yang paling dramatisnya malahan Kevin/Marcus yang mencuri kemenangan setelah mendapatkan 3 angka beruntun dan menuntaskan perlawanan Han/Zhou di menit 15 dengan skor 23-21.

Kemenangan dramatis di game pertama membuat semangat Kevin/Marcus kian membara, terbukti di awal game kedua mereka langsung unggul angka 2-0 dari Han/Zhou. Namun, keunggulan itu tak bertambah lagi, sebab secara mengejutkan Han/Zhou berhasil meraup 7 poin beruntun untuk berbalik unggul 2-7.

Hanya saja, Kevin/Marcus memang sedang garang, terbukti meski sempat tertinggal angka jauh, di jeda pertengahan game mereka malah bisa berbalik unggul tipis pada kedudukan 11-10.

Usai jeda Kevin/Marcus semakin ganas saja, dengan mudahnya mereka melejitkan angka untuk unggul jauh 15-11.

Han/Zhou terlihat mulai kehilangan arah menghadapi gempuran Kevin/Marcus, apalagi serangan mereka kerap dengan mudah dipatahkan dengan pertahanan hebat dari duo RI itu. Meski sempat mendapatkan angka untuk memperkecil ketertinggalan, akhirnya Han/Zhou dipaksa melepas gelar juara bertahan French Open 2018, di menit 31 Kevin/Marcus menghancurkan mereka dengan angka 21-14.

Dengan kemenangan ini mereka melaju ke semifinal untuk menghadapi pemenang pertandingan antara Takeshi Kamura/Keigo Sonoda dengan Liao Min Chun/Su Ching Heng.

Untuk diketahui di final French Open 2018, Kevin/Marcus mengalami kekalahan melalui pertarungan panjang dengan durasi 52 menit. Mereka dikalahkan Han/Zhou melalui rubbergame dengan angka 21-23, 21-8 dan 17-21.

Yang paling membuat kekalahan itu terasa sangat menyakitkan ialah, seharusnya Kevin/Marcus bisa merebut kemenangan game pertama. Sebab mereka sempat mendapatkan kesempatan untuk menutup game setelah unggul 20-18. Sayangnya, 1 poin kemenangan gagal didapatkan karena Han/Zhou keburu bisa menyamakan angka 20-20.

Tak cuma sekali saja Kevin/Marcus mendapatkan peluang untuk menang, usai poin sama kuat 20-20, mereka kembali unggul 21-20. Tapi, lagi-lagi mereka gagal mendapatkan 1 angka pamungkas. Malahan Han/Zhou yang berbalik mencuri kemenangan setelah mendapatkan 3 poin beruntun.

Dan untuk pertama kalinya pecinta bulutangkis dunia melihat wajah Kevin dan Marcus sangat murung dan bersedih ketika menerima hadiah sebagai runnerup.

Baca: Duo Stoeva Libas Ratu Olimpiade di Laga Tragis 108 Menit French Open