Terjadi Keajaiban, Jonatan Christie Lolos ke Final French Open

BWF World Tour.
Sumber :
  • PBSI

VIVA – Sungguh dahsyat, Jonatan Christie akhirnya mencetak sejarah hidupnya setelah berhasil lolos ke final BWF World Tour Super 750, French Open 2019. Dan hebatnya lagi, di melaju ke final setelah menumbangkan Juara Dunia 2017, Viktor Axelsen melalui duel dramatis.

Dalam duel yang Stade Pierre de Coubertin, Paris, Prancis, Sabtu 26 Oktober 2019, Jojo berhasil mengalahkan Viktor melalui rubbergame setelah di game pertama dia dibantai habis oleh Viktor. Dan di game terakhir Jojo menciptakan sebuah keajaiban.

Memang dalam duel itu Jojo sempat unggul di awal game dengan skor 0-1. Namun, setelah itu Viktor mengamuk, tanpa ampun Jojo digempur habis-habisan dan yang lebih sadisnya pebulutangkis Denmark itu langsung memberondong Jojo dengan 11 angka beruntun. Penguasa ranking 6 dunia itu unggul telak saat jeda dengan angka 11-1.

Usai jeda Jojo semakin babak belur, dia sempat mendapatkan 1 poin. Hanya saja langsung dibalas tunai oleh Viktor. Bahkan di menit 13 saja Jojo sudah tertinggal jauh pada kedudukan 17-7. Dan akhirnya dalam 15 menit dengan sangat mudah Viktor memenangkan pertarungan itu dengan angka yang super telak 21-7.

Kekalahan di game pertama memaksa Jojo harus berjuang keras untuk bisa memaksakan rubbergame, di awal game kedua dia berusaha mendominasi laga. Kali ini penampilannya sedikit membaik, dia mampu mengimbangi keganasan pemain jangkung itu dengan terus mengimbangi perolehan angka.

Setelah angka sama kuat 3-3, akhirnya untuk pertama kalinya dalam duel ini Jojo mampu unggul lebih dari 1 poin dari Viktor, yaitu pada skor 3-5. Bahkan sempat unggul 3 poin di kedudukan 4-7. Dan kali ini hingga jeda Jojo masih bisa mempertahankan keunggulan 9-11

Namun di 31 akhirnya Viktor mampu menyamakan angka 12-12. Tak sampai di situ, kini Viktor berbalik unggul 13-12. Memang, Jojo sempat menyamakan beberapa kali mampu menyamakan poin. Hanya saja kali ini Viktor yang menguasai perolehan angka. Memasuki waktu krusial pun Viktor masih unggul 16-15.

Mendekati akhir game duel memanas, sebab Jojo kembali bisa menyamakan angka 16-16 dan berbalik unggul 17-16. Sayang, Jojo tak mampu langsung melejitkan keunggulan angkanya. Di menit 40 skor kembali sama kuat 17-17.

Jojo sempat membalikkan keunggulan dan sekaligus mendapatkan kesempatan mencuri kemenangan game kedua ketika berbalik unggul 19-20. Tapi, dia gagal memaksimalkan peluang itu, Viktor keburu menyamakan angka 20-20. Dan di detik akhir, Jojo berhasil mendulang 2 angka pamungkas dan berhasil mencuri kemenangan dengan angka dramatis 20-22.

Kemenangan dramatis di game kedua membuat semangat Jojo berkobar, di awal game terakhir dia langsung menekan Viktor dan 2 poin langsung diraih untuk unggul cepat 0-2. Viktor berusaha membalasnya.

Dan dia baru bisa menyamakan angka pada kedudukan 5-5 di menit 54. Tak cuma menyamakan poin, Viktor berbalik unggul cepat dengan selisih poin yang telak 10-5. Dan saat jeda Viktor masih mampu mempertahankan keunggulan dalam skor 11-6.

Setelah pergantian arena, Jojo berusaha bangkit dari ketertinggalan. Hanya saja semangat Viktor sudah membara. Terbukti Jojo dibuat kewalahan. Hingga menit 64 saja dia masih bisa mempertahankan keunggulan 14-9.

Viktor semakin leluasa saja ketika mampu mempertebal keunggulan jadi 16-9. Jojo sempat bangkit saat tertinggal 19-10.

Di detik-detik genting, Jojo secara mengejutkan membuat keajaiban, dia mampu mengejar ketertinggalan angka dan menyamakan skor jadi 19-19. Malahan Jojo berbalik unggul 20-19. Dan akhirnya kejaiban tercipta di menit 79, Jojo merebut kemenangan 19-21.

Dengan kemenangan ini Jojo lolos ke final untuk menantang juara bertahan French Open 2018, Chen Long. Raja raksasa bulutangkis China ini lolos ke final usai kalahkan rekan senegara Jojo, Anthony Sinisuka Ginting.

Baca: Semifinal French Open Tragis, Ratu Ganda Putri Dunia Dihajar Kim/Kong