Gol Pembuka Sani Rizki Gagal Bawa Indonesia Atasi Vietnam

Gelandang Sani Rizki Fauzi cetak gol Indonesia ke gawang Vietnam
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan

VIVA – Tren dua kemenangan timnas Indonesia akhirnya terhenti di laga ketiga penyisihan Grup B SEA Games, Minggu malam 1 Desember 2019 kala harus takluk 1-2 dari Vietnam. Duel di arena Rizal Memorial Stadium, Manila, Filipina tersebut terbilang cukup karena akan jadi adu taji untuk membidik posisi puncak klasemen Grup B.

Sejumlah pemain yang pada laga kontra Thailand dan Singapura menjadi starter terjadi sejumlah rotasi di beberapa posisi. Evan Dimas, Syahrian Abimanyu, Egy Maulana Vikri dan Muhammad Rafli harus menepi dan memberi kesempatan pada pemain lain menjadi starter.

Laga dimulai, Saddil Ramdani berduel dengan Ho Tan Tai, dan dibalas Tnanh Chung kepada Irkham Mila yang harus langsug diganjar kartu kuning pada menit ketiga.

Gelombang serangan skuat Garuda Muda kerap tak berbuah hasil hingga pertengahan laga babak pertama. Penguasaan bola dari Andy Setyo cs masih belum bisa membongkar pertahanan awan.

Namun momentum positif pun dimanfaatkan apik Indonesia untuk mencuri gol. Kiper Vietnam, Bui Tien Dung melakukan blunder fatal kala gagal menangkap dengan sempurna crossing tajam Asnawi.

Bola membentur tiang dan Sani Rizki yang sudah menunggu di mulut gawang lawan tak temui kesulitan menyundul bola dan membawa Indonesia memimpin 1-0 di menit 22.

Sejumlah peluang emas pun berhasil dicatat Vietnam, namun serbuan skuat Golden Stars mampu dimentahkan kiper Garuda Muda, Nadeo Argawinata.

Skor 1-0 pun bertahan untuk keunggulan Indonesia hingga laga babak pertama usai dan mengantarkan kedua kubu turun minum menuju ruang ganti.

Sayangnya, keunggulan skuat besutan Indra Sjafri tak mampu bertahan di babak kedua. Vietnam praktis berhasil menguasai jalannya 45 menit paruh akhir laga.

Menit 64, berawal dari situasi sepak pojok Quang Hai mengarah ke kotak penalti dan diteruskan dengan sempurna oleh Tnanh Chung untuk membawa Vietnam menyamakan kedudukan 1-1.

Gol tersebut pun seolah menjadi awal petaka Indonesia yang terus terkurung dari serangan Vietnam. Hasil buruk pun akhirnya harus dituai Garuda Muda saat gol kemenangan Vietnam di masa injuty time lahir dari tendangan jarak jauh Nguyen Hoang Duc.

Skor 2-1 kemenangan Vietnam menjadikan Indonesia gagal merebut posisi puncak klasemen Grup B. Namun Garuda Muda tetap masih berpeluang lolos ke semifinal sebagai runner up Grup B, selanjutnya Indonesia akan menghadapi Brunei pada Selasa 3 Desember 2019.

Susunan pemain:
Indonesia
: Nadeo Argawinata, Andy Setyo (C), Bagas Adi, Asnawi Mangkualam, Alekvan Djin (Nurhidayat Haris 76’), Rachmat Irianto, Zulfiandi, Sani Rizki (Syahrian Abimanyu 81’), Irkham Mila (Egy Maulana Vikri 65’), Saddil Ramdani, Osvaldo Haay.

Vietnam: Bui Tien Dung; Do Thanh Thinh (Le Ng?c Bao 87’), Huynh Tan Sihn (Nguyen Duc Chien 86’), Ho Tan Tai, Doan Van Bau, Nguyen Trong Hoang, Nguyen Hoang Duc, Do Hung Dung, Nguyen Tranh Chung, Nguyen Quang Hai (C), Nguyen Tien Linh