Kisah Dramatis Ahsan/Hendra dan Jonatan Christie yang Kejutkan Dunia

Viktor Axelsen
Sumber :
  • BWF

VIVA – Sepanjang tahun 2019 ini ada beberapa kisah pertarungan tragis dan dramatis yang dialami pebulutangkis-pebulutangkis Indonesia di arena turnamen bulutangkis dunia.

Yang paling membuat takjub mata dunia ialah laga antara Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan melawan peraih medali emas Olimpiade Rio 2016, Zhang Nan dengan duet anyarnya Ou Xuan Yi.

Bagaimana tak membuat mata dunia takjub, terjadi pertarungan yang benar-benar tragis dan dramatis antara kedua pasangan.

Kala itu sang Juara Dunia 2019 itu bertarung dengan Ou/Zhang untuk memperebutkan tiket lolos ke perempatfinal BWF World Tour Super 750, Fuzhou China Open 2019.

Saat itu karena tampil di hadapan pendukungnya sendiri di Haixia Olympic Sports Center, Fuzhou, China, Ou/Zhang tampil sangat ganas. Terbukti di game pertama mereka melibas ranking 2 dunia itu dengan angka telak 11-21.

Namun, di game kedua The Daddies berhasil membalasnya dengan merebut kemenangan dengan angka tipis 21-18.

Nah, sebuah pertarungan yang benar-benar dramatis baru tersaji di game ketiga alias penentu.

Di awal game saja laga sudah sengit terbukti poin lebih banyak berakhir imbang. Kondisi berlangsung hingga mendekati akhir game. Ketika itu Ou/Zhang mendapatkan kesempatan untuk menjungkalkan Ahsan/Hendra saat unggul 19-20. Mereka hanya membutuhkan 1 poin saja untuk mendepak ganda RI dari turnamen itu.

Tapi, Ahsan/Hendra bukan ganda kacangan, terbukti mereka berhasil menggagalkan kemenangan Ou/Zhang dan berbalik unggul 20-21 usai mendapatkan 2 poin. Dan berbalik mendapatkan peluang untuk merebut kemenangan kedua game ketiga.

Sayang, Ahsan/Hendra juga gagal sebab Ou/Zhang mendapatkan 2 poin untuk berbalik unggul 22-21. Laga kian mendebarkan saat Ahsan/Hendra kembali menciptakan deuce pada skor 22-22.

Ou/Zhang mendapatkan kesempatan ketiga untuk menang setelah unggul kembali 23-22. Peluang itu kembali terbuang setelah Ahsan/Hendra berbalik unggul lagi 23-24. Dan hingga menit 59 angka sama kuat 25-25.

Laga tak juga usai meski Ou/Zhang sempat unggul kembali pada skor 26-25, 27-26, 28-27, 29-28. Sebab kemenangan yang sudah di depan mata selalu bisa digagalkan Ahsan/Hendra.

Akhirnya laga harus berakhir dengan sangat tragis, di detik akhir Ahsan/Hendra meraup 2 poin untuk membalikkan keadaan dan memenangkan game ketiga dengan angka dramatis 29-30.

Ahsan/Hendra pun lolos ke perempatfinal. Meski begitu mereka gagal sampai ke partai puncak karena di perempatfinal itu mereka dikalahkan Aaron Chia/Soh Wooi Yik.

Laga paling menghebohkan dunia terjadi di BWF World Tour Super 750, French Open 2019. Kali ini dialami Jonatan Christie.

Jojo menjadi sorotan dunia karena secara ajaib mampu mengalahkan Juara Dunia 2017, Viktor Axelsen di semifinal. Duel ini berlangsung benar-benar dramatis.

Sebenarnya nasib Jojo sudah di ujung tanduk karena sudah tak mungkin lagi bisa mengejar perolehan poin pebulutangkis Denmark itu, peristiwa itu terjadi di game ketiga, saat itu Viktor sudah unggul 10-19 dari Jojo dan dia hanya membutuhkan 2 poin saja untuk menghancurkan mimpi Jojo melaju ke final.

Namun sebuah peristiwa di luar akal terjadi, Viktor mendadak mengalami kesakitan, otot di kakinya tiba-tiba bermasalah hingga untuk menggerakkan tubuh saja rasanya sulit.

Dan secara tak terduga, dalam kondisi itu Jojo berhasil mendapatkan 11 poin beruntun dan menutup laga itu dengan kemenangan dramatis 21-19.

Duel antara Jojo dan Viktor terpaksa dituntaskan melalui rubbergame setelah di dua game normal mereka saling berbagi kemenangan. Di game pertama Jojo dibantai 7-21  lalu di game kedua Jojo membalasnya dengan kemenangan tipis 22-20.

Kedua pemain langsung terkapar setelah pertandingan usai. Jojo terbaring di tengah lapangan karena kelelahan, sedangkan Viktor terbaring di tepi lapangan sembari meringis kesakitan.

Jojo pun lolos ke final. Meski begitu, Jojo gagal menjuarai turnamen itu karena di final dia dikalahkan juara bertahan, Chen Long.

Baca: Dahsyat, Kevin/Marcus Hancurkan 2 Rekor Dunia Raja Ganda Putra Korea