Anthony Ginting Bentrok Juara Macau Open di Malaysia Masters 2020

Anthony Sinisuka Ginting.
Sumber :
  • BWF

VIVA – Sejumlah pebulutangkis dunia bakal mengawali  tahun 2020 dengan mengikuti turnamen Malaysia Master yang akan digelar mulai 7-12 Januari mendatang. Begitu juga bagi para pebulutangkis Indonesia.

Dalam ajang turnamen level super 500 ini, tunggal putra Indonesia, Anhony Sinisuka Ginting bakal berhadapan dengan wakil Thailand Sittikom Thammasin. 

Keduanya sama-sama memiliki nasib miris di 2019, meski demikian, ada plus minus dari performa keduanya. Anthony dan Sitthikom hanya berjumpa sekali di babak 16 besar Japan Open. Anthony menang 2-1 atas Sitthikom. 

Anthony, sebagai ranking 7 dunia sama sekali tidak meraih gelar di tahun ini, namun sering masuk ke babak final dan selalu kandas. Shittikom sendiri, hanya mencicipi satu gelar yaitu Macau Open.

Sittihikom saat ini memiliki ranking 25 dunia mentereng di Macau Open dan menyapu bersih semua laga di sana. Ia menang dari awal laga sampai final. Pada Partai final Sitthikom menghancurkan wakil China, Shi Yuqi 2-1.

Sebenarnya, yang sadis itu pertemuan antara Anthony dengan raja tunggal putra dunia, Kento Momota. Mereka sudah 15 kali berduel, terakhir kali di final China Open 2019 sebelum di BWF World Tour Finals 2019. Di laga itu, Kento Momota mampu membalaskan dendamnya atas kekalahnnya di final China Open 2018.

Dari 15 kali pertemuan itu, Anthony baru 4 kali mampu menumbangkan Kento. Terbaru, Kento dibuat tersungkur di perempatfinal French Open 2019. Dan itu kemenangan terakhir Anthony dari Kento.
 

Berikut rekor laga Anthony dan Sitthikom di 2019:

Japan Open (Juli) 
Anthony Sinisuka Ginting vs Shittikom Thammasin: (menang Anthony)

Anthony

Final Singapura Open (April)
Anthony vs Kento (kalah)

Final Australian Open (Juni)
Athony vs Jonatan (kalah)

Final China Open (September) 
Anthony vs Kento (kalah)

Final Hong Kong Open (November)
Anthony vs Lee Cheuk Yiu (kalah)

BWF World Tour Finals 2019 Desember

Anthony vs Kento (kalah)

Sitthikom

Macau Open 2019

Partai perdana
Sitthikom vs Soong Joo Ven (menang)

16 Besar
Sitthikom vs Lee Dong Keun (menang)

Perempat final 
Sitthikom vs Kodai Naraoka (menang)

Semifinal
Sitthikom vs Sun Fei Xiang (menang)
 
Final
Sitthikom vs Shi Yuqi (menang)