Karier Penakluk Ginting di Final Kontroversi Hancur di Malaysia Master

Lee Cheuk Yiu.
Sumber :
  • BWF

VIVA – Perjalanan karier pembunuh raksasa Hong Kong Open 2019, Lee Cheuk Yiu di BWF World Tour Super 500, Malaysia Masters 2020 ternyata tak seindah yang dibayangkan.

Tunggal putra asal Hong Kong itu tersingkir dari ajang berhadiah total 400.000 Dolar Amerika Serikat ini sebelum sampai ke partai puncak.

Lee harus angkat koper dari Axiata Arena, Kuala Lumpur, Malaysia setelah dikalahkan raja bulutangkis China, Chen Long.

Yang paling menyedihkan, Lee hanya diberi kesempatan oleh Chen bertanding selama 44 menit saja bertahan di arena laga sebelum dilumat dua game tanpa balas dengan poin 21-18 dan 21-13.

Memang, kekalahan Lee sudah diprediksi sebelumnya. Karena memang secara peringkat di daftar ranking dunia saja sudah terlihat sangat mencolok perbedaannya, Lee cuma bermodal ranking 24 dunia, sedangkan Chen penguasa ranking 4 dunia.

Hanya saja, banyak juga yang yakin pemuda 23 tahun itu mampu menciptakan kejutan seperti kala dia menjuarai Hong Kong Open 2019. Apalagi di laga perdana Malaysia Masters 2020 ini Lee mampu menjungkalkan juara Russian Open 2019, Shesar Hiren Rhustavito.

Perlu diketahui, Lee diharapkan mampu berjaya di Malaysia Masters 2020 karena di Hong Kong Open 2019 dia tampil gemilang dengan menumbangkan para raksasa bulutangkis dunia.

Tercatat nama-nama besar yang dihajarnya di ajang itu, mulai dari raksasa muda China, Shi Yuqi. Lalu Juara Dunia 2017, Viktor Axelsen dan terakhir dia menghancurkan juara China Open 2018, Anthony Sinisuka Ginting.

Di Hong Kong Open 2019, Lee sebenarnya bukan pemain paling dijagokan tuan rumah untuk naik ke podium, sebab Hong Kong masih memiliki pemain sekaliber NG Ka Long Angus. Tapi, Lee mampu menciptakan sejarah dengan merebut gelar juara.

Nama Lee semakin terkenal di dunia bulutangkis setelah di final dia mengalahkan Anthony Ginting melalui duel yang penuh kontroversi.

Kekalahan ini merupakan yang kedua dialami Lee usai menjuarai Hong Kong Open 2019. Kekalahan pertama dialami di Korea Masters 2019 saat digebuk Kantaphon Wangcharoen di laga perdana.

Baca: Mengejutkan, 4 Juara Bertahan Hengkang dari Malaysia Masters