Tragis, Ratu Ganda Putri Juara Dunia Terkapar di Senayan

Mayu Matsumoto tertunduk lesu.
Sumber :

VIVA – Ratu ganda putri dunia, pemegang dua gelar Juara Dunia 2018 dan 2019, Mayu Matsumoto/Wakana Nagahara menjadi korban panasnya persaingan menuju tangga juara BWF World Tour Super 500, Indonesia Masters 2020.

Penguasa ranking 2 dunia ini, secara tak terduga gagal melaju ke perempatinal setelah di babak 16 terkapar ditumbangkan ganda putri Korea Selatan, Chang Ye Na/Kim Hye Rin.

Dalam pertarungan yang baru saja dilangsungkan di Istora Senayan, Jakarta, Kamis 16 Januari 2020, ganda putri Jepang itu dipecundangi cuma dalam dua game tanpa ampun.

Meski cuma bermodal ranking 11 dunia, namun dalam pertarungan itu Chang/Kim sama sekali tak gentar menghadapi Mayu/Wakana. Terbukti sejak game pertama mereka mampu mendominasi perlehan poin. Malah hingga jeda mereka mampu unggul angla 11-9.

Selepas jeda laga semakin sengit saja apalagi ketika Mayu/Wakana bisa menyamakan poin 12-12. Perolehan poin kembali ketat. Namun memasuki waktu krusial, Chang/Kim berhasil mengejutkan Mayu/Wakana.

Saat itu Mayu/Wakana unggul tipis 15-16. Tiba-tiba Chang/Kim mampu menyodok perolehan poin usai mendapatkan 3 angka beruntun dan berbalik unggul 18-16. Mayu/Wakana berusaha menghentikan laju Chang/Kim menuju kemenangan. Tapi upaya mereka gagal, Chang/Kim merebut kemenangan game pertama dengan angka 21-18.

Kemenangan itu membuat Chang/Kim semakin ganas saja, di game kedua mereka benar-benar menguasai laga. Sejak game dimulai, juara Swiss Open 2019 itu selalu memimpi perolehan poin. Bahkan mereka sempat unggul jauh pada kedudukan 16-9.

Namun Mayu/Wakana bukanlah ganda putri ecek-ecek, jelang akhir game mereka mampu mengejar ketertinggalan angka puncaknya mereka menyamakan angka pada kedudukan 18-18. Malah mereka sempat mendapatkan kesempatan mencuri kemenangan setelah berhasil berbalik unggul 19-20.

Tragisnya, peluang menang yang sudah di depan mata itu malah sirna setelah Chang/Kim memberondong mereka dengan 3 poin beruntun dan menuntaskan perlawanan Mayu/Wakana dengan angka dramatis 22-20 di menit 44.

Dengan hasil ini Chang/Kim melaju mulus ke perempatfinal turnamen berhadiah total 400.000 Dolar Amerika Serikat ini dan akan berhadapan dengan pemenang laga antara rekan senegara mereka, Kim So Yeong/Kong Hee Yong melawan Ni Ketut Mahadewi Istarani/Tania Oktaviani Kusumah.

Untuk diketahui, memang selama ini Chang/Kim menjadi momok paling menakutkan bagi Mayu/Wakana. Selama tahun 2019 saja Mayu/Wakana sudah 4 kali dikalahkan Chang/Kim.

Baca: Penakluk Anthony Ginting di Final Tragis Mengganas Lagi di Senayan