Kisah Pebulutangkis Paling Menyedihkan di Badminton Asia Team

Jonatan Christie.
Sumber :
  • PBSI

VIVA – Tak lama lagi pasukan tim putra bulutangkis Indonesia akan bertarung untuk mempertahankan gelar juara Badminton Asia Team Championships.

Perlu diketahui, Indonesia merupakan pemegang gelar juara bertahan dua tahun beruntun, tim putri RI merebut medali emas di Badminton Asia Team Championships 2016 dan 2018.

Ada sebuah kisah menarik ketika dilangsungkan BATC 2018 di Alor Setar, Malaysia. Kisahnya tentang seorang pebulutangkis yang tak pernah meraih satu kemenangan pun.

Tak hanya itu saja, kekalahan yang dialaminya juga sangat-sangat tragis. Dia selalu kalah dengan angka telak. Bahkan selisih poin kekalahannya lebih dari 10 angka. Dia adalah Hussein Zayan Shaheed Zaki, tunggal putra asal negara Maladewa.

Kebetulan sekali, ketika BATC 2018 Maladewa berada satu grup dengan Indonesia di babak penyisihan. Mereka berada di Grup D bersama India dan Filipina.

Dan dari jadwal penyisihan grup, Maladewa langsung berhadapan dengan tim putra Indonesia di laga perdana.

Hussein Zayan Shaheed menjadi pemain pertama yang diturunkan Maladewa. Saat itu untuk menghadapi Hussein Zaki, Indonesia menurunkan Jonatan Christie.

Di laga perdana itu, Hussein Zaki benar-benar dipermalukan oleh Jojo, dalam dua game yang dilangsungkan di lapangan Sultan Abdul Halim Stadium, Hussein Zaki dihajar dengan angka telak 21-3 dan 21-5.

Tak cuma itu saja, dari lima laga Maladewa Vs RI, kekalahan Hussein Zaki dari Jojo menjadi hasil pertandingan terburuk. Di penyisihan grup itu, Indonesia membantai Maladewa dengan skor 5-0.

Selanjutnya Maladewa berhadapan dengan India. Dan lagi-lagi Hussein Zaki didaulat bertanding di laga perdana menghadapi Kidambi Srikanth.

Dalam duel itu, Hussein Zaki juga kembali dibantai. Dia dihabisi Kidambi juga dalam dua game dengan poin 21-5 dan 21-6. Dan kala itu Maladewa kembali kalah telah, mereka dikalahkan India dengan skor 5-0.

Di laga terakhir, Maladewa berhadapan dengan Filipina. Dan Hussein Zaki kembali turun di laga perdana. Kali ini dia berhadapan dengan Ros Leonard Pedrosa. Meski secara kualitas Ros Leonard tak sebaik Jojo dan Kidambi.

Tapi Hussein kembali mengalami kekalahan telak. Dia dikalahkan Ros Leonard dengan poin 21-8 dan 21-7.

Hussein Zaki merupakan pebulutangkis terbaik Maladewa. Dia merupakan pemain utama yang dibawa Maladewa untuk mengikuti ajang-ajang bulutangkis dunia.

Dia juga sempat diturunkan untuk memperkuat Maladewa di Asian Games 2018 di Jakarta. Ketika itu Hussein meraih satu kemenangan. Dia memenangkan laga perdana melawan wakil Afganistan Sayed Imran Miri dengan poin 22-20 dan 21-10.

Namun perjalanan Hussein terhenti di babak kedua. Dia dikalahkan tunggal putra Jepang, Kenta Nishimoto. Hussein dikalahkan dengan angak 21-7 dan 21-10.