Gerakan Tim Bulutangkis Indonesia Antisipasi Virus Corona di Filipina

Tim beregu putri bulutangkis Indonesia.
Sumber :
  • Instagram: badminton.ina

VIVA – Badminton Asia Team Championships (BATC) 2020 segera dihelat 11-16 Februari 2020 di Manila, Filipina. Tim bulutangkis Indonesia pun sudah berada di sana.

Perjalanan tim Indonesia kali ini sedikit waspada, tentunya dengan ada virus Corona yang ramai disoroti berbagai negara. 

Tidak dipungkiri, virus Corona menjadi momok menakutkan. Perkembangan terbilang cepat dan hingga sekarang ratusan orang dinyatakan meninggal. 

Meski virus itu hanya mendominasi di China, namun Filipina sendiri menjadi salah satu negara yang warganya terinfeksi. Laporan yang beredar, satu warga Filipina meninggal akibat virus itu. 

Hal ini membuat tim bulutangkis Indonesia waspada, salah satu langkah dasar adalah mengenakan masker, ya itulah upaya sederhana untuk mengantisipasi.

Para pebulutangkis dari official yang berangkat dibekali masker. Hal ini terlihat dari postingan Instagram Badminton Indonesia.

"Tim Indonesia sudah mendarat di Manila, Filipina. Setelah ini mereka akan menuju hotel untuk beristirahat dan rencananya besok langsung menggelar latihan," tulis Badminton Indonesia yang memperlihatkan mereka mengenakan masker, Sabtu 8 Februari 2020.

Postingan lainnya, juga memperlihatkan beberapa pebulutangkis dari tim putri juga mengenakan masker di dalam pesawat. "Terbang menuju Manila. Safe flight and good luck guys!," katanya.

Sementara itu, Sekretaris Jenderal PBSI, Achmad Budiharto menjelaskan, Manila dan Badminton Asia mencari cara untuk antisipasi virus Corona tersebut.

"Manila dan Badminton Asia mencari cara untuk itu. Mereka menyiapkan antisipasi untuk virus Corona. Untuk tim Indonesia, disediakan masker N95, atlet akan dapat masing-masing 5 buah," kata Budiharto kepada wartawan, Jumat 7 Januari 2020. 

Lantas, bagaimana kiat-kiat agar pebulutangkis Indonesia aman selama berada di Filipina, Budiharto memberikan tipsnya. 

"Kondisi harus bugar, banyak minum, tidak melakukan kontak langsung di tempat umum, itu kami infokan. Saya kira para atlet sudah dewasa, jadi tahu mana yang harus dilakukan dan tidak," paparnya. 

Baca: Intip Latihan Perdana Tim Bulutangkis Putra Indonesia di Filipina