Gawat, Deretan Turnamen Internasional Ini Kacau Akibat Virus Corona

Peta sebaran virus corona atau COVID-19.
Sumber :
  • Global Cases by Johns Hopkins CSSE

VIVA – Virus Corona COVID-19 telah masuk tahap mengkhawatirkan. Dimana telah terjangkit puluhan ribu orang di sejumlah negara yang diduga positif terpapar wabah mematikan tersebut.

Penyebaran virus Corona tak hanya menghadirkan ketakutan di lingkup sosial suatu negara saja. Lebih jauh kondisi kacau juga terjadi di kalangan masyarakat internasional.

Kepanikan terjadi tak cuma menguncang sektor ekonomi, situasi gawat darurat di berbagai negara pun mulai mengganggu agenda di pentas olahraga dunia.

Baca juga: Sarri Geram Suporter Juventus Dilarang Masuk Prancis

Secara global, deretan agenda gelaran kompetisi di panggung olahraga internasional telah diputuskan untuk ditunda dan juga ada yang dibatalkan demi mencegah makin meluasnya penyebaran wabah virus COVID-19, seperti dirangkum Standard.

Berbagai turnamen dan kejuaraan dalam sejumlah cabang olahraga pun jadi korban upaya pencegahan di seluruh dunia. Sebut saja agenda gelaran kompetisi internasional cabang atletik, Formula 1, rugby hingga bulutangkis sudah dibatalkan.

Atletik
Kejuaraan Dunia Grand Prix Atletik Indoor yang sedianya digelar di Nanjing, China pada 13-15 Maret 2020 akhirnya diputuskan untuk dibatalkan. Laga Kejuaraan Dunia Grand Prix Atletik Indoor pun dijadwalkan ulang untuk digelar kembali tahun 2021 mendatang.

Rugby
Ajang The Irish Rugby Football Union telah menunda laga 6 negara yang semula dijadwalkan melawan Italia. Hal ini tak lain karena wabah virus Corona di Italia Utara, dan akan dijadwalkan ulang pada 7 Maret mendatang.

Sepakbola
4 laga Serie A yang semula dijadwalkan berlangsung pada 23 Februari lalu di I
talia Utara harus dibatalkan. Pertandingan yang terpengaruh itu adalah Inter Milan vs Sampdoria, Atalanta vs Sassuolo, Verona vs Cagliari dan Torino vs Parma.

Selain Serie A Italia, perhelatan Liga Champions Asia yang melibatkan klub-klub asal China seperti Guangzhou Evergrande, Shanghai Shenhua dan Shanghai SIPG telah resmi ditunda.

Laga Kualifikasi Piala Dunia 2022 antara China melawan Maladewa di kandang dan Guam tandang bulan depan akan dipindahkan ke Buriram, Thailand. Permainan akan dimainkan secara tertutup, seperti yang diminta oleh pemerintah Thailand.

AFC menegaskan pertandingan tahap awal Zona Timur Piala AFC 2020 ditunda dua bulan untuk dimulai kembali pada 7 April karena pembatasan perjalanan.

Tim nasional putri China akan memainkan laga kandang playoff kualifikasi Olimpiade melawan Korea Selatan di Sydney bulan depan. Liga sepakbola profesional Korea Selatan juga telah menunda awal musim barunya.

Liga juga meminta empat timnya di Liga Champions AFC untuk mengadakan pertandingan secara tertutup. Liga J Jepang menunda tujuh pertandingan Piala Levian yang dijadwalkan 26 Februari dan semua pertandingan domestik hingga paruh pertama Maret.

Formula 1
Gelaran Grand Prix Formula 1 di Shanghai, China yang sebelumnya ditetapkan berlangsung 19 April 2020 telah resmi ditunda oleh badan pengelola Formula 1 (FIA). Pihak berwenang akan mempertimbangkan kemungkinan tanggal alternatif akhir tahun ini.

Formula E
Seri balap motor Formula E semua-listrik meninggalkan rencana untuk balapan di Sanya, di pulau Hainan China, pada 21 Maret 2020.

Tenis
Federasi Tenis Internasional (ITF) memindahkan acara Piala I Asia/Oseania Grup I yang menampilkan China, Taiwan, Indonesia, Korea Selatan, dan Uzbekistan keluar dari kota Dongguan di Cina ke Nur-Sultan (sebelumnya Astana) di Kazakhstan.

Tetapi acara 4-8 Februari kemudian ditunda setelah Kazakhstan menolak untuk melayani sebagai tuan rumah pengganti. China kehilangan dasi Piala Davis karena tim putra tidak dapat melakukan perjalanan ke Rumania untuk playoff 6-7 Maret.

Turnamen tenis Xi'an Open putri, yang dijadwalkan 13-19 April, dibatalkan dan WTA mengatakan sedang memantau situasi dengan beberapa acara yang dijadwalkan berlangsung di China pada paruh kedua musim.

Bulutangkis
Gelaran German Open dan Polish Open 2020, yang akan diadakan di Muelheim an der Ruhr dari 3-8 Maret dan 26-29 Maret yang merupakan kualifikasi Olimpiade telah dibatalkan, seperti diputuskan Federasi Bulutangkis Dunia (BWF).

Turnamen China Masters 25 Februari-1 Maret di Hainan ditunda setelah beberapa pemain mengundurkan diri. BWF mengatakan mereka berharap Kejuaraan Bulutangkis Asia unggulan masih bisa berlanjut di Wuhan mulai 21-26 April 2020 mendatang.

Vietnam International Challenge telah dibatalkan dari bulan depan hingga Juni oleh BWF dan tidak akan lagi berfungsi sebagai acara kualifikasi untuk Olimpiade Tokyo. Turnamen ini akan berlangsung mulai 24 hingga 29 Maret.

Selain cabang-cabang di atas, masih ada deretan cabor lain yang juga agenda turnamen serta kompetisinya terganggu akibat virus Corona yakni Ski, golf, bola voli, MMA, gulat dan tinju.