Terungkap, Mike Tyson Remaja Nyaris Sekarat Dihajar Holyfield

Petinju Evander Holyfield saat mendapat perawatan
Sumber :
  • BJ Penn

VIVA – Fakta baru terungkap, dua legenda tinju dunia, Mike Tyson dan Evander Holyfield merupakan teman dekat ketika remaja. Holyfield mengungkapkan, pertemanannya itu terjadi karena sama-sama hobi tinju. 

Dari pertemanan biasa, hubungan itu menjadi dekat dan berlanjut ke rekan sparring. Holyfield yang saat itu berusia 21 tahun pernah menghadapi Tyson yang baru 17 tahun. 

Akan tetapi, sparring itu dihentikan oleh pelatih karena Holyfield yang telah berpengalaman serius menghujani Tyson dengan tinjunya. Pelatih mereka khawatir akan ada korban dalam laga sparring itu.



"Saya adalah orang yang berlatih tanding dengan Henry Tillman, Tyrell Biggs, saya berlatih dengan semua petinju berbadan besar, saya tak pernah berlatih dengan orang-orang yang satu divisi dengan saya. Ketika saya berlatih dengan Mike, pelatih menghentikan saat berjalan 1,5 menit," kata Holyfield, dikutip Metro.

"Mereka bilang seseorang akan terluka. Pada saat itu saya mendesaknya di pojok da dia tak bisa keluar. Kemudian, Mike memberi tahu orang-orang ‘Wow, dia kurus tapi sangat kuat," sambung Holyfield.

Meski demikian, Holyfield mengakui Tyson ketika itu sudah menunjukkan bakal menjadi calon bintang tinju dunia. Menurutnya, pukulan Tyson saat itu sudah sangat mengerikan.

“Dia punya pukulan yang bagus karena dia meng-KO semua orang. Mike adalah satu-satunya orang yang harus membayar orang untuk datang dan melakukan latih tanding. Dia adalah puncher, dia sangat agresif. Tapi saya orang yang cenderung menghadapi petinju agresif dengan sangat baik," ucapnya.?

Holyfield dan Tyson saat ini diisukan bakal kembali bertarung. Awalnya, Tyson lebih dulu mengumumkan bakal kembali naik ring untuk memainkan satu laga amal.

Tak lama kemudian, Holyfield menyusul. Dia mengunggah video sedang berlatih dan menyatakan siap untuk kembali. Seiring dengan itu, muncul gosip bahwa laga amal Tyson akan menghadapi Holyfield.

Jika itu benar terwujud. Artinya, kedua petinju akan menjalani trilogi. Dua petinju terbaik di masanya itu pernah mengguncang dunia dengan pertarugannnya. 

Dua pertarungan di 1996 dan 1997 dengan dua kemenangan untuk Holyfield. Di laga kedua, tak akan pernah dilupakan pecinta tinju karena Tyson menggigit telinga Holyfield sampai kulitnya terkelupas.

Holyfield menjerit kesakitan. Daging di telinganya tercabut dalam gigitan Tyson. Bukan cuma sakali, Tyson melakukan percobaan yang kedua kali sesudahnya. 

Akibatnya, Tyson pun didiskualifikasi. Holyfield berhasil mempertahankan gelar kelas berat WBA, gelar yang direbutnya dari Tyson tujuh bulan sebelum pertarungan kontroversial itu berlangsung.