22 Tahun Berkarier di NBA, Vince Carter Resmi Pensiun

Pemain NBA, Vince Carter
Sumber :
  • Twitter/Vince Carter

VIVA – Vince Carter umumkan pensiun dari NBA, setelah 22 tahun berkarier. Pria berusia 43 tahun tersebut mengumumkan pensiunnya dalam sebuah podcast The Ringer "Winging It With Vince Carter".

Dikutip dari ESPN, Carter sebenarnya telah mengumumkan jika musim 2019/2020 adalah terakhirnya di NBA. Ia menandatangani kontrak setahun dengan Atlanta Hawks. 

Kompetisi NBA musim ini mengalami penundaan sejak 11 Maret karena pandemi virus corona. Dan akhir Juli nanti, kompetisi tersebut diperkirakan akan kembali dimainkan. 

Namun, Atalanta Hawks tidak berada di delapan tim yang termasuk dalam restart NBA. Artinya musim NBA, karier Carter sebenarnya sudah berakhir sejak Maret lalu. 

"Jika ada kekecewaan karena musim ini, atau yang lainnya, agak mudah untuk mengesampingkan. Ini seperti, Ok, ini sesuatu yang lebih besar dari karier saya. Sangat disayangkan, tapi virus corona membuat kehidupan orang berubah cepat. Ini gambaran yang ada di pikiran saya," kata Carter. 

"Jadi mengakhiri dengan aneh. Permainan dihentikan tiba-tiba, di samping untuk hal yang lebih besar," tambahnya. 

Prestasi Carter di NBA memang cukup menarik. Ia berada di urutan ke 19 sebagai pencetak poin terbanyak di sejarah NBA. 

Ia rata-rata mencetak 16,7 poin per pertandingan. Selama 22 tahun ia berkarier di delapan tim NBA. Tahun 1999 Carter meraih Rookie of The Year. 

Tahun 2000 Carter menjadi pemenang Slam Dunk Contest di All-Star Weekend. Musim ini, Carter menjadi pemain pertama di NBA yang setidaknya tampil dalam satu pertandingan dalam empat dekade yang berbeda.