Turnamen Tinju Antar Pelajar Siap Digelar di Indonesia

High School Amateur Boxing League akan digelar di jakarta
Sumber :
  • High School Amateur Boxing League

VIVA – Selain sepakbola, tinju merupakan salah satu olahraga paling diminati masyarakat Indonesia. Namun, belakangan gengsi tinju mulai meredup dan perlu gairah yang besar untuk bangkit kembali.

Berangkat dari hal tersebut, YBC Sports hadir untuk mewadahi minat olahraga tinju. Dimulai dari pada pelajar SMA dan sederajat guna mencari bibit petinju masa depan serta menyalurkan hobi bertarungnya di jalur yang legal.

Wadah tersebut diberi tajuk High School Amateur Boxing League (HABL). Kejuaraan tinju antar pelajar SMA itu rencananya akan diadakan pada awal 2021 di Balai Sarbini, Jakarta.

"Ajang HABL merupakan platform pertandingan antar pelajar SMA yang mengedepankan sportivitas. Selain itu event ini juga sebagai sebuah upaya untuk mengurangi keributan antara siswa yang sudah sering terjadi di masa sekarang,” ujar CEO YBC Sports, Rafi Athallah.

"Ide membuat HABL muncul sejak awal tahun. Sejak saya lulus dari pesantren. Saya melihat dunia yang berbeda di luar sana. Banyak pelajar yang tawuran. Dengan adanya turnamen tinju, para pelajar dapat menyalurkannya di ajang resmi. Kalau bertarung di jalanan tidak keren, ilegal," tutur dia.

Nantinya, HABL bakal dikemas berbeda dengan event tinju lainnya. Mereka akan mengedepankan sisi entertainment dari sebuah pertandingan guna menyajikan tontonan yang menarik bagi masyarakat namun juga menghargai atlet. Event ini juga mendapat dukungan langsung dari Pengprov Pertina DKI Jakarta.

Sementara itu, Chief Legal Topeng Production, Bastian Hutapea mengatakan bahwa ajang tinju amatir antar pelajar SMA ini siap mewadahi para peserta untuk bisa terjun ke dunia petinju profesional.

“Kami tidak hanya menggelar acara, tapi kami juga berkomitmen dan siap mengembangkan mereka yang memang serius bergerak ke bidang profesional. Kami akan arahkan ke wadah yang diminati,” ujar Bastian Hutapea.

Disebabkan kondisi pandemi, untuk sementara pertandingan akan disiarkan lewat saluran Youtube YBC Sports tiap pekannya. Akan ada 12 fight dari kelas 60 kg dan 69 kg dengan peserta dari seluruh Indonesia.