Dukungan Masyarakat Jepang untuk Olimpiade Tokyo Makin Terkikis

Cincin Olimpiade raksasa di Tokyo.
Sumber :
  • Antara

VIVA – Masyarakat Jepang nampaknya sudah mulai hilang antusiasme dengan penyelenggaraan Olimpiade Tokyo yang diundur menjadi 2021. Survei dilakukan, dan hasilnya menurun drastis.

Dari survei yang dilakukan oleh NHK, diketahui tingkat dukungan masyarakat Jepang atas penyelenggaraan Olimpiade dan Paralimpiade sempat jatuh ke 40 persen. Tapi begitu dilakukan lagi pada Desember 2020, anjlok sampai 27 persen.

Survei yang dilakukan oleh NHK itu dilakukan terhadap 1.200 orang. Pertanyaan yang diajukan adalah terkait keharusan Olimpiade dan Paralimpade Tokyo digelar pada 2021.

Hasil dari survei tersebut, cuma 27 persen yang menjawab harus. Sedangkan 23 persen meminta untuk dibatalkan. Lalu ada 25 persen yang menyarankan penundaan, sedangkan sisanya tidak tahu.

Olimpiade dan Paralimpiade Tokyo terpaksa diundur sampai 2021 karena adanya pandemi COVID-19. Sedianya di tahun ini ajang olahraga empat tahunan tersebut diadakan.

Meski hasil survei justru berbalik dari antusiasme awal, tapi pihak penyelenggara tidak terpengaruh. Mereka tetap menjalankan semua rencana agar semuanya berjalan lancar.