Skandal Olahraga, Gol Tangan Tuhan Maradona Ditiru Messi dan Suarez

Aksi Luis Suarez menyentuh bola dengan tangan di Piala Dunia 2010.
Sumber :
  • The Guardian

VIVA –  Gol tangan Tuhan yang dicetak Diego Maradona di Piala Dunia 1986 menjadi salah satu skandal olahraga terbesar hingga saat ini. Maradona melakukan cara curang demi membawa Argentina menekuk Inggris 2-1.

Duel Inggris vs Argentina di Azteca Stadium, Mexico City, 22 Juni 1986 sempat berjalan alot. Hingga akhirnya, insiden terjadi di menit 51.

Maradona sempat ingin membangun kerjasama dengan Jorge Valdano. Menerima umpan Maradona, Valdano hendak melakukan teknik rainbow flick. Namun, tipuan tersebut dibaca dengan mudah oleh gelandang Inggris, Steve Hodge.

Bola hendak dibuang Hodge. Tapi, malah mengarah ke Maradona. Kiper Inggris kala itu, Peter Shilton, sadar akan agresivitas bola.

Photo :
  • The Sun

Karena posturnya lebih tinggi, Shilton sangat yakin bisa menjangkau bola. Namun, tiba-tiba Maradona melompat, tangannya dengan nakal menyentuh bola dan gol terjadi.

Wasit kala itu, Ali Bennaceur, mengesahkan gol Maradona, disambut dengan protes para pemain Inggris. Tapi, Bennaceur didukung oleh hakim garis yang menyatakan aksi Maradona sah.

Usai laga, Maradona menyebut bahwa gol tersebut sedikit dicetak dengan kepalanya dan bagian lainnya dengan Tangan Tuhan. Hingga kini, istilah gol Tangan Tuhan melekat pada gol itu.

"Sekarang, saya bisa bilang apa yang tak bisa saya katakan saat itu, yang disebut-sebut sebagai Tangan Tuhan. Tangan Tuhan yang luar biasa, itu tangan Diego!" ungkap Maradona dalam otobiografinya, Yo soy el Diego.

Ditiru Luis Suarez dan Lionel Messi

Aksi curang Diego Maradona beberapa kali terjadi di sepakbola modern. Entah mencetak gol dengan tangan atau menahan bola dengan tangan agar tak terjadi gol.

Salah satu aksi fenomenal Tangan Tuhan dilakukan bomber Uruguay, Luis Suarez di Piala Dunia 2010. Kala itu, Uruguay bertemu Ghana dalam babak perempatfinal di Soccer City Johannesburg, Afrika Selatan, 2 Juli 2010.

Kedudukan imbang 1-1. Hingga di masa extra time, Ghana memiliki peluang 99 persen gol. Namun, tandukan dari Dominic Adiyiah dihalau Suarez dengan tangan.

Suarez menerima kartu merah karena hal tersebut, dan Ghana mendapat hadiah penalti. Namun, Asamoah Gyan yang maju sebagai eksekutor gagal menunaikan tugasnya. Suarez yang awalnya menutup wajah langsung melonjak kegirangan. Uruguay melaju ke semifinal usai menang 4-2 lewat adu penalti.

"Tangan Tuhan sekarang milik saya. Tangan saya adalah Tangan Tuhan yang sebenarnya. Saya melakukan penyelamatan terbaik di turnamen. Terkadang, saat latihan saya berlatih sebagai kiper dan sekarang ini berarti," ungkap Suarez dilansir The Guardian.

Lionel Messi juga pernah melakukan aksi gol Tangan Tuhan. Itu terjadi dalam duel Barcelona kontra Espanyol dalam lanjutan LaLiga, 9 Juni 2007.

Messi mencetak gol dengan tangan ke gawang Espanyol dan disahkan oleh wasit. Persis dengan yang dilakukan Maradona di Piala Dunia 1986.

Mau tahu skandal yang menyeret para atlet dunia lainnya? Skandal Olahraga akan hadir setiap harinya. Simak terus di VIVA.co.id.