Indonesia Terus Jaga Asa jadi Tuan Rumah Olimpiade 2032

Presiden NOC Indonesia (KOI), Raja Sapta Oktohari
Sumber :
  • NOC Indonesia

VIVA – Kinerja Indonesia dalam proses pencalonan tuan rumah Olimpiade 2032 mendapat respons positif dari Komite Olimpiade Internasional (IOC). Mereka melihat keseriusan Indonesia untuk menyelenggarakan pesta olahraga terakbar sedunia tersebut.

Hal ini diungkapkan Ketua Komisi Tuan Rumah Olimpiade Masa Depan IOC, Kristin Kloster Aasen, pada rapat virtual lanjutan bersama Komite Olimpiade Indonesia (NOC Indonesia), Selasa 25 Mei 2021.

"Kami mendapat gestur positif dari Aasen. Beliau terkesan dengan presentasi Indonesia dan dinilai memiliki progres yang cepat sejak paparan pertama pada Februari lalu,” kata Presiden NOC Indonesia ex-officio Ketua Pelaksana INABCOG, Raja Sapta Oktohari, dalam rilis NOC Indonesia yang diterima VIVA, Rabu 26 Mei 2021.

Okto memimpin paparan Indonesia di hadapan Komisi Tuan Rumah Masa Depan Olimpiade IOC. Mereka mempresentasikan progres yang telah dikerjakan Indonesia dalam mengikuti proses bidding tuan rumah Olimpiade 2032.

Selain paparan terkait kesiapan sejumlah venue serta rancangan proyek Olimpiade, Indonesia juga menjelaskan Grand Design Pembinaan Prestasi Olahraga yang disusun Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) hingga 2045.

"Grand Design yang telah dibuat Kemenpora menjadi sorotan dan poin positif di mata IOC. Secara keseluruhan, Komisi Tuan Rumah Olimpiade Masa Depan mengatakan tidak menemukan kesalahan dalam proposal bidding Indonesia. Mereka juga menyatakan bahwa kita adalah kandidat yang sangat baik untuk menjadi tuan rumah Olimpiade usai melihat potensi besar yang ada di Indonesia,” ujar Okto.

Rapat virtual tersebut merupakan pertemuan lanjutan proses bidding Olimpiade antara Komisi Tuan Rumah Olimpiade Masa Depan IOC dengan Indonesia yang berstatus continuous dialogue. Indonesia sendiri dalam jalur tepat mengejar Brisbane yang telah mendapatkan status targeted dialogue karena telah memulai proses bidding lebih dulu.

Kendati demikian, melihat respons positif yang diterima dari Komisi Tuan Rumah Masa Depan Olimpiade, Okto meyakini Indonesia dapat mewujudkan misi menjadi tuan rumah Olimpiade.