Tak Diunggulkan, Barbora Krejcikova Ungkap Inspirasi Juara French Open

Petenis Republik Ceko, Barbora Krejcikova juara French Open 2021.
Sumber :
  • instagram.com/bkrejcikova

VIVA –  Kejutan terjadi di turnamen tenis bergengsi French Open 2021. Petenis non unggulan Republik Ceko, Barbora Krejcikova berhasil menjadi juara di nomor tunggal putri.

Lawan Krejcikova di final adalah unggulan ke-31 asal Rusia,  Anastasia Pavlyuchenkova. Krejcikova sukses merebut gelar grand slam perdananya di tunggal putri, usai menang 6-1, 2-6, 6-4 di Philippe Chatrier, Sabtu malam, 12 Juni 2021.

Krejcikova mempersembahkan kemenangan ini untuk sang mentor, Jana Novotna. Novotna meninggal dunia di usia 49 tahun pada 19 November 2017 karena penyakit kanker.

"Saya mengalami masa-masa berat saat Jana (Novota) meninggal dunia. Kata-kata terakhirnya, coba nikmati dan juarai Grand Slam. Dua pekan terakhir ini terjadi karena dia. Dia inspirasi saya, saya merindukan dia," kata Krejcikova dilansir The Nation.

Sukses Krejcikova ini tergolong fenomenal. Pada French Open 2020 pada Oktober 2020 silam, dia masih berada di luar 100 besar dunia.

"Semua ini terjadi karena dia (Novota) menjaga saya. Sungguh luar biasa mendapatkan kesempatan bertemu denganya. Saya rindu dia, dan saya harap dia sangat senang," ucap Krejcikova.

Krejcikova masih berpeluang menambah gelar di French Open 2021. Petenis 25 tahun ini tampil di nomor ganda putri bersama rekan senegaranya, Katerina Siniakova. Krejcikova/Siniakova bertemu pasangan Amerika Serikat dan Polandia, Bethanie Mattek-Sands/Iga Swiatek sore ini, Minggu 13 Juni 2021.

Jika juara, Krejcikova bakal mengikuti jejak Mary Pierce pada 2000, sebagai wanita yang merebut gelar tunggal dan ganda di French Open dalam tahun yang sama.